Pendampingan Digital Marketing Untuk Pemberdayaan UMKM

Authors

  • Stephanny Lianardo Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Kartini Dwi Sartika Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Yuliana Riana Prasetyawati Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Raden Adi Cahyadi Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR

DOI:

https://doi.org/10.37535/102004220223

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Pelatihan

Abstract

Pandemi COVID-19 berdampak pada penurunan kinerja UMKM. Salah satu upaya untuk membantu pemulihan UMKM adalah mendorong UMKM untuk go-digital. Pemerintah Kota Bekasi sudah mulai melakukan berbagai upaya untuk mendorong dan memfasilitasi UMKM dalam transformasi digital dengan melaksanakan berbagai pelatihan. Namun mengingat jumlah UMKM Binaan Pemerintah Kota Bekasi cukup banyak, maka perlu dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak termasuk Institusi Pendidikan untuk memfasilitasi transformasi digital UMKM agar makin banyak jumlah UMKM yang berpindah ke platform online, melakukan on-boarding, active selling, business scale-up, dan selanjutnya dapat go-international. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan digital marketing agar UMKM mampu merancang strategi pemasaran digital yang tepat. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pertama dilaksanakan pelatihan Pemasaran Digital. Tahap kedua adalah pendampingan di mana UMKM dapat mengimplementasikan pengetahuan yang telah didapat dalam pelatihan sehingga UMKM memiliki keterampilan merancang dan menentukan strategi pemasaran digital yang tepat. Tahap ketiga adalah monitoring dan evaluasi untuk mengetahui perkembangan program pemasaran digital yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa peserta UMKM telah menggunakan Media Sosial sebagai media pemasaran dengan komposisi Instagram 100%, Tiktok 25% dan Facebook 50%, namun belum dikelola dengan baik. Adapun 75% pelaku UMKM juga telah menggunakan e-commerce.

References

Adithia, S., & Jaya, P.P. (2021). Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37-46. Retrieved from https://journal.lspr.edu/index.php/jrbt/article/view/279/106

Akbar, M., A., & Alam, S., N. (2020). E-Commerce : Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543–1552.

Aisah, D.,D. & Prasetyawati, Y.,R. (2018). Pengaruh Konten Dan Gaya Komunikasi Di Platform Konsultasi Berbasis Online @Ibunda_ID Terhadap Brand Awareness. Wacana, 17(1), 29-38. Retrieved from https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.510

García, L. J. J., Lizcano, D., Ramos, C. M., & Matos, N. (2019). Digital marketing actions that achieve a better attraction and loyalty of users: An analytical study. Future Internet, 11(6), 1-16. https://doi.org/10.3390/fi1106

Kominfo. (2020, Oktober 20). Tingkatkan Produktivitas dan Nilai Tambah UMKM melalui Teknologi Digital. Diakses pada April 9, 2022 dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/30276/tingkatkan-produktivitas-dan-nilai-tambah-umkm-melalui-teknologi-digital/0/berita

Kemenkop UKM. (n.d.). Perkembangan Data UMKM Tahun 2018 – 2019. Diakses pada April 10, 2022, dari https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1617162002_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019.pdf

Kemenkop UKM. (n.d.). Perkembangan Data UMKM Tahun 2017 – 2018. Diakses pada April 10, 2022, dari https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1580223129_PERKEMBANGAN%20DATA%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL,%20MENENGAH%20(UMKM)%20DAN%20USAHA%20BESAR%20(UB)%20TAHUN%202017%20-%202018.pdf

Kemenkop UKM. (2021, Juni 12). RI Kejar 30 Juta UMKM Go Digital Hingga 2024. Diakses pada April 10, 2022, dari https://kemenkopukm.go.id/read/ri-kejar-30-juta-umkm-go-digital-hingga-2024

Kushwaha, B., P., Singh, R., K., Varghese, N., Singh, V.,N. (2020). Integrating Social Media and Digital Media as New Elements of Integrated Marketing Communicaton for Creating Brand Equity. Journal of Content, Community & Communication, 11(6), 52 – 64.

Manzoor, A. (2017). E-Commerce 2018: an Introduction. CreateSpace Independent Publishing.

Muhammad, M., Aditia, M., & Rizka, A. (2020). Corona Virus Pandemic Impact on Sales Revenue of Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Pekalongan City, Indonesia. Journal of Vocational Studies on Applied Research, 2(1), 7–10.

Rachmawati, D., Afrianti, R., & Lianardo, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Digital bagi UMKM Desa Tridaya Sakti sebagai wujud literasi digital UMKM di Kabupaten Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 30-38.

Sawicki, A. (2016). Digital marketing. World Scientific News, 48, 82-88.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Lianardo, S., Sartika, K. D., Prasetyawati, Y. R., & Cahyadi, R. A. (2022). Pendampingan Digital Marketing Untuk Pemberdayaan UMKM. Journal of Servite, 4(2), 104–111. https://doi.org/10.37535/102004220223