Restorasi e-Library Berbasis Perpustakaan Digital di SMA Negeri 2 Kuta Selatan

Authors

  • Richard Togaranta Ginting Udayana University
  • Ni Made Ras Amanda Gelgel Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana
  • Tedi Erviantono Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana
  • Kadek Dwita Apriani Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.37535/102004220225%20

Keywords:

otomasi perpustakaan; e-library; perpustakaan sekolah, otomasi perpustakaan, e-library, perpustakaan sekolah

Abstract

Banyak kondisi perpustakaan yang masih memprihatinkan saat ini. Perpustakaan sebagai jantung pendidikan merupakan sumber informasi dan rujukan dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Perpustakaan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. Dengan memaksimalkan peran perpustakaan maka akan membantu ikut menumbuhkan kecerdasan masyarakat. Perpustakaan tidak harus mewah dan megah, pada dasarnya perpustakaan harus mampu memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Pembenahan perpustakaan ke arah yang lebih modern diharapkan dapat memaksimalkan peran perpustakaan di masyarakat. Restorasi dilakukan dengan menyasar perpustakaan konvensional di SMA Negeri 2 Kuta Selatan, Badung. Dengan bantuan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS), yang merupakan perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system). Dalam era digital saat ini, pembenahan yang dilakukan dengan bantuan aplikasi diharapkan mampu menciptakan e-library yang lebih praktis untuk dimanfaatkan oleh siswa dan guru dalam mendukung kegiatan belajar dan mengajar, khususnya di SMA Negeri 2 Kuta Selatan, Badung.

References

Abdul Rahman Saleh. (2014). Pengembangan Perpustakaan Digital. Universitas Terbuka.

Darmono. (2007). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. PT Grasindo.

Hartono. (2020). Pengembangan Perpustakaan Digital Berinklusi Sosial dalam Ekosistem Digital Berbasis Multikultural Indonesia. El Pustaka: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam, 01(01), 15–29.

Jonner Hasugian. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. USU Press.

Ni Made Ras Amanda Gelgel, Kadek Dwita Apriani, & Richard Togaranta Ginting. (n.d.). Hoaxes: Attacking all Netizen and Putting Women as the Most Vulnerable Group. 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020), 201–208.

Richard Togaranta Ginting. (2018). Information Culture in Utilizing Digital Libraries for Students of the Faculty of Social and Political Sciences (FISIP) Udayana University. Record and Library Journal, 4(1).

Richard Togaranta Ginting, Gede Udyana, & Pande Putu Caterin Yokita Pratiwi. (2022). Gerakan Belajar di Ruang Baca Virtual oleh Mahasiswa Universitas Terbuka Denpasar. Jurnal Informasi, Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 120–127.

Wahyu Supriyanto, & Ahmad Muhsim. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Kanisius.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Ginting, R. T., Gelgel, N. M. R. A., Erviantono, T., & Apriani, K. D. (2023). Restorasi e-Library Berbasis Perpustakaan Digital di SMA Negeri 2 Kuta Selatan. Journal of Servite, 4(2), 122–130. https://doi.org/10.37535/102004220225