Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Konten Kreatif Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Bagi Pengusaha Penginapan di Banjarbaru

Authors

  • Risa Dwi Ayuni Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
  • Muzahid Akbar Hayat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Sanusi Sanusi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Ade Nur Atika Sari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Muhammad Agus Humaidi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.37535/1020054220231

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Media Social, Strategi Konten Kreatif

Abstract

Komunikasi pemasaran melalui media sosial merupakan cara yang ampuh untuk semua ukuran bisnis untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Pengusaha yang tidak dapat mengikuti perkembangan komunikasi pemasaran dengan konten kreatif akan tertinggal sehingga butuh strategi konten kreatif yang menarik pelanggan pada media sosial. Kebanyakan pengusaha pada bidang jasa penginapan tidak menyadari bahwa potensi pembuatan dan pengelolaan konten kreatif dapat menarik perhatian masyarakat. Teori yang dibutuhkan adalah Komunikasi Pemasaran dan Strategi Konten Kreatif di Media Sosial dengan metode community Based Research (CBR). Melalui pelatihan dan pengelolaan konten kreatif terdapat peningkatan pengetahuan pengusaha.

References

Agustiena Merdekawati, A. (2021). Pelatihan Google Bisnisku untuk meningkatkan pemasaran pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 66-70.

Akbar, A., & Dellyana, D. Maximizing Simultaneous Social Media Communication: A Study on Purchase Intention among Millennials and Generation Z in the Online Language Learning Industry.

Alfianistiawati, R., Dionchi, P. H. P., Purnomo, S., & Fatanti, M. N. (2023). Destination Branding of Marine Ecotourism in Trenggalek Regency: A Study on Kili-Kili Beach Turtle Conservation. Prospect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 12-22.

Aruna, M. S., & Belgiawan, P. F. Proposed Marketing Strategy to Increase Brand Awareness of Inagri.

Dwiarta, I. (2017). Google Bisnis, Sim dan Sia guna menentukan HPP sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Penamas Adi Buana, 27-38.

Hanafi, M., Naily, N., Salahuddin, N., Riza, A., Zuhriyah, L., Muhtarom, . . . Dahkelan. (2015). Community Based Research : Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hanief, L., Sari, N., & Hidayat, S. (2022). Optimalisasi Bauran Pemasaran dan Konten Kreatif Wisata Selanjung Sungai Biuku Banjarmasin. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(2), 229-234.

Han, Y. (2023). Analysis on the Creative Communication Strategy of Xiaohongshu Beauty Cosmetics from The Media: Take Xiaohongshu's Network Marketing as An Example. Frontiers in Business, Economics and Management, 7(2), 61-64.

Nabilla Anasty Fahzaria, et.al. (2022). Social Marketing Communication of Peace Education Program by Peace Generation Indonesia. Jurnal Komunikasi. 15 (1)

Ningrum, D. P. (2022). Pendekatan Persuasif untuk Generasi Digital yang Terampil dan Produktif di Kampung Sukorame Mangunan Yogyakarta. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 50-59.

Oana, D. (2018). Integrated Marketing Communication and Its Impact On Consumer Behavior. Studies in Business and Economic, 92-102.

Prasetiya, C. E., Nuvriasari, A., Ardiani, N. P., & Ul’Ulum, M. (2022). Development Program on Digital Marketing and Brand Strengthening for Cellular Businesses in Gunungkidul Regency. IMPACTS: International Journal of Empowerment and Community Services, 1(1), 30-36.

Rohadian, S. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry, 179-187.

Stabile, S. (2008). Google Benefits or Google's Benefit? Journal of Business & Techonology Law, 97-107.

Yunfeng Shang et.al. (2022). Construction of Social Media Tourism Marketing Model Based on ISMAS+4I Theory. Journal of Innovation and Social Science Research. 2591-6890

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Ayuni, R. D., Hayat, M. A., Sanusi, S., Sari, A. N. A., & Humaidi, M. A. (2024). Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Konten Kreatif Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Bagi Pengusaha Penginapan di Banjarbaru. Journal of Servite, 5(2), 73–80. https://doi.org/10.37535/1020054220231