Dampak Globalisasi Terhadap Gaya Berpakaian Generasi Z Bali
DOI:
https://doi.org/10.37535/103001220204Keywords:
Pakaian, Globalisasi, Gen Z, Konstruksi Sosial DiriAbstract
Fenomena globalisasi terjadi di berbagai belahan dunia yang juga terjadi di Bali. Globalisasi adalah hilangnya batasan informasi dan globalisasi terjadi di aspek ekonomi, politik bahkan hingga kebudayaan. Dalam penelitian ini akan membahas dampak dari globalisasi dimana pakaian yang sebagai salah satu bentuk komunikasi seorang individu. Dengan tujuan adalah mengetahui alasan para generasi Z Bali memilih pakaian yang modern dan memahami kaitan atau dampak globalisasi terhadap gaya berpakaian gen Z Bali. Metode penelitian yang akan digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data premier yang diperoleh dari para narasumber yaitu gen Z Bali dan narasumber ahli melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa fenomena globalisasi jelas memberikan dampak kepada para gen Z Bali dalam pemilihan gaya berpakaian. Pakaian modern seperti menggunakan kaos, kemeja, rok, celana jeans yang digunakan untuk keseharian oleh para gen Z memang dilakukan juga oleh lingkungannya. Gaya pakaian kebaya dan kemeja dan kamen sebagai pakaian sehari-hari sudah hilang tergeser dengan pakaian modern karena aspek kenyamanan. Namun gaya pakaian khas Bali yaitu kebaya dan kemeja dan kamen sekarang berubah nilai menjadi pakaian khusus acara keagamaan atau acara adat.
References
Afrisia (2014, Desember 1) “Riwayat pulau dewata dan payudara wanitaâ€. CNN Indonesia. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com
Erikania, F. (2017, Maret 17). “Bali dinobatkan sebagai destinasi terbaik dunia oleh TripAdvisorâ€. National Geographic Indonesia. Diakses dari http://nationalgeographic.grid.id/
Edwards, T. (2011) Fashion in focus concepts, practices, and politics. New York. America
Gumelar, M. S. (2017) Cultural design: studi banding bali untuk proyeksi masa depan dayak. Jurnal Studi Kultural, 2(2), 91-101.
Hisyam.M & Pamungkas, C. (2016) Indonesia, Globalisasi, dan global village. Jakarta, Indonesia
Litteljohn S.W., Foss, K.A., (2008) Theories of Human Communication (9th ed.) USA, America
MCMillin, D.C., (2007). International media studies. Oxford, United Kingdom
Morissan, (2013) Teori komunikasi individu hingga massa. Jakarta, Indonesia.
Santos,B.D.S (2006) Globalization: theory, culture & society. Diakses dari
http://tcs.sagepub.com/content/23/2-3/393 393-399
Soekanto,S., Sulistyowati, B., (2014) Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Indonesia
Solomon, M.R., (2004) Consumer behavior buying, having and being. (6th ed.) New Jersey, US
West, R., Turner. L.H., , (2007) Introducing Communication Theory: Analysis and application (3th ed.) New York. America
Yusuf, A.M., (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta, Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.