Literasi Media Khalayak Pada Tayangan Talkshow Rumpi No Secret di Trans TV
DOI:
https://doi.org/10.37535/103001120207Keywords:
Talkshow, host, literasi media, pelanggaran terhadap hak privasi, rumpi no secret trans tvAbstract
Talkshow Rumpi No Secret di Trans TV merupakan talkshow yang sering membahas hal pribadi narasumber. Berawal dari berita munculnya artis-artis yang memiliki konflik dengan Host Rumpi No Secret Trans TV (Feni Rose) karena gaya khas host tersebut memiliki karakter tajam sehingga mempunyai kekuatan untuk membongkar informasi yang disembunyikan narasumber. Rumpi No Secret Trans TV terkena teguran oleh KPI karena telah melanggar Pasal 13 pada P3SPS BAB IX mengenai Penghormatan Terhadap Hak Privasi yang disebabkan oleh cara penyampaian host yang terkesan mengulik hal pribadi narasumber. Penelitian ini menggunakan teori literasi media dari James W. Potter (2004) yakni Seven Skills of Media Literacy yang ditujukan untuk mengetahui tahapan bagaimana mahasiswa aktif dan dapat menyaring informasi sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara semi-terstruktur dengan lima narasumber yang merupakan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang telah mengikuti mata kuliah Etika Penyiaran dan juga tertarik pada bidang presenting sehingga dapat mengamati apa yang terjadi pada talkshow Rumpi No Secret Trans TV. Hasil yang dicapai oleh peneliti terdapat narasumber yang memiliki tanggapan bahwa konflik dan serangkaian acara pada talkshow Rumpi No Secret Trans TV merupakan adanya kemungkinan berupa settingan dan kurangnya briefing. Hasil yang dicapai selanjutnya, terdapat perbedaan level kecakapan literasi media pada setiap narasumber dalam mengkritisi isi pesan dalam talkshow tersebut.
References
Badjuri, A. (2010). Jurnalistik Televisi. Graha Ilmu.
F., M. (2016, September 20). Selain Marissa Haque, Siapa Sih Artis-artis yang Pernah Bermasalah Dengan Feni Rose?. Selebupdate.com. http://www.selebupdate.com/bermasalah-dengan-feni-rose/44378
Karin. (2016, September 20). Meski Dinobatkan Sebagai Presenter Infotaiment Terbaik, Berbagai Nama Selain Marissa Haque Ini Ternyata Pernah Cek Cok Dengan Feni Rose Lho!. Indowarta. http://indowarta.com/hiburan/20603/meski-dinobatkan-sebagai-presenter-infotaiment-terbaik-berbagai-nama-selain-marissa-haque-ini-ternyata-pernah-cek-cok-dengan-feni-rose-lho/
Komisi Penyiaran Indonesia. (2012). Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS). Komisi Penyiaran Indonesia.
Kuswandi, W. (2014). Komunikasi Massa (Analisis Interaktif Budaya Massa). PT. Asdi Mahasatya.
Latief, R., & Utud, Y. (2015). Siaran Televisi Non-Drama. Prenada Media.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa Buku 2 (6th ed.). Salemba Humanika.
Morrisan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Prenada Media.
Okki. (2014, November 3). Waduh! Mayangsari Ngambek Ditanya Kisah Percintaan. Tabloidnova.com. http://tabloidnova.com/Selebriti/Berita-Aktual/Waduh-Mayangsari-Ngambek-Ditanya-Kisah-Percintaan
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, F. (2015, Januari 12). Jadwal TV: Rumpi No Secret di Trans TV. jadwaltelevisi.com. http://www.jadwaltelevisi.com/info/jadwal-tv-rumpi-no-secret-di-trans-tv
Tamburaka, A. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Raja Grafindo Persada.
The Nielsen Company. (2014, Mei 22). Nielsen: Konsumsi Media Lebih Tinggi di Luar Jawa. The Nielsen Company. https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2014/nielsen-konsumsi-media-lebih-tinggi-di-luar-jawa/
West, R., & Turner, L. H. (2008). Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Buku 1 (3rd ed.). Salemba Humanika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.