Analisis Program PT. JICT Rumah Belajar dalam Mendukung Indonesian Sustainable Development Goals 2018

Authors

  • Hafidzah Dinda Alimuary

DOI:

https://doi.org/10.37535/103001120203

Keywords:

CSR, SDGs, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan nyata program CSR Rumah Belajar di bidang pendidikan yang sebenarnya dilakukan oleh PT. Jakarta International Container Terminal (JICT) for support for Sustainable Development Goals (SDGs) 4, Quality Education. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan bisnis tersebut adalah kepedulian perusahaan dan rasa hormat terhadap lingkungan sekitar. Area tersebut dinamakan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini mengambil studi kasus pada PT. JICT. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Hasilnya, PT JICT lebih memperhatikan program Corporate Social Responsibility (CSR), JICT membangun sekolah informal dan berskala besar Rumah Belajar (RumBel). Jumlah siswa dan guru Rumah Belajar JICT sebanyak 300 orang, sehingga lulusannya dapat diandalkan, dituntut oleh sinergi aktif dan kreatif dari guru dan tim pendamping. JICT telah mengembangkan sekolah Rumah Belajar (RumBel).

References

Ambadar, J. (2008). CSR dalam Praktik di Indonesia. Elex Media Komputindo.

Andraina, S., & Awza, R. (2014). Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Pada PT Energi Mega Persada Bentu & Korinci Baru di Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(1).

Damanpour, F., & Gopalakrishnan, S. (2001). The dynamics of the adoption of product and process innovations in organizations. Journal of Management Studies, 38(1), 45-65. https://doi.org/10.1111/1467-6486.00227

Hidayat, F. (2018, September 7). JICT Raih 2 Penghargaan ISDA Award 2018. BeritaSatu. https://www.beritasatu.com/ekonomi/509277/jict-raih-2-penghargaan-isda-award-2018

Janssen, C., Sen, S., & Bhattacharya, C. B. (2015). Corporate crises in the age of corporate social responsibility. Business Horizons, Emerging Issues in Crisis Management, 58(2), 183-192. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2014.11.002

Kartikawangi, D. (2017). Symbolic convergence of local wisdom in cross–cultural collaborative social responsibility: Indonesian case. Public Relations Review, 43(1), 35-45. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2016.10.012

Mulyandari, R. H. S., Swastomo, W., Wibowo, C. T., & Situmean, I. V. O. (2010). Implementasi CSR dalam Mendukung Pengembangan Masyarakat melalui Peningkatan Peran Pendidikan. Proceedings of Bogor Agricultural University's seminars.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education.

Pikiran Rakyat Online. (2010, September 26). Pendidikan Tanggung Jawab Semua Pihak. Pikiran Rakyat Online. http://www.pikiran-rakyat.com/node/123221

Prahalad, C. K., & Ramaswamy, C. (2004). Co‐creating unique value with customers. Strategy & Leadership, 32(3), 4-9. https://doi.org/10.1108/10878570410699249

Solihin, I. (2011). Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Salemba Empat.

Susanto, A. B. (2009). Reputation-Driven Corporate Social Responsibility (Pendekatan Strategic Management Dalam CSR). Esensi.

UNDP. (n.d.). Sustainable Development Goals. United Nations Development Programme. http://www.undp.org/content/undp/en/home/sustainable-development-goals.html

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Alimuary, H. D. (2020). Analisis Program PT. JICT Rumah Belajar dalam Mendukung Indonesian Sustainable Development Goals 2018. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.37535/103001120203