Special Event Sebagai Sarana Meningkatkan Citra Panasonic Beauty

Authors

  • Adinda Mutiara Pratiwi
  • Mahdiah Mahdiah

DOI:

https://doi.org/10.37535/103001120205

Keywords:

Panasonic, Komunikasi, strategi public relations, special event, citra

Abstract

PT Panasonic Gobel Indonesia adalah sebuah perusahaan manufaktur kelas dunia di bidang elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri. Beberapa tahun terakhir, Panasonic meluncurkan sebuah produk baru yaitu Panasonic Beauty yang belum luas distribusinya sehingga citranya pun masih kurang di kalangan masyarakat. Tujuan dari perencanaan konsep ini adalah untuk meningkatkan citra Panasonic Beauty, disamping produk-produk elektronik Panasonic lainnya yang juga telah lama eksis di Indonesia. Perencanaan ini berupa strategi Public Relations roadshow campus-to-campus bernama “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty†yang telah kami rancang. Perencanaan strategi ini dibuat menggunakan teori 9 Steps Strategy of Public Relations oleh Ronald D. Smith. Strategi yang digunakan adalah membuat special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty†yang terdiri dari pre-event, special event, dan post-event. Pre-event berupa penyelenggaraan press conference untuk media terpilih sebagai wadah untuk mempromosikan special event. Special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty†mencakup 3 acara yaitu talkshow, free hairstyling di mobile salon, dan perlombaan foto di Instagram Panasonic Beauty. Rangkaian acara diakhiri dengan post-event berupa evaluasi dan media monitoring. Untuk hasil akhir (evaluasi), perencanaan ini menggunakan 6 langkah evaluasi yaitu menghitung berapa media yang datang, menghitung berapa banyak partisipan special event, menganalisis antusiasme dari partisipan special event, menghitung berapa banyak publik yang memberikan publikasi, melakukan media monitoring, menghitung berapa persen citra Panasonic Beauty yang meningkat setelah kegiatan acara dilakukan.

References

Butterick, K. (2013). Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Raja Grafindo Persada.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (9th ed.). Pearson Education.

Jefkins, F., & Yadin, D. (2003). Public Relations (5th ed.). Erlangga.

Laermer, R., & Prichinello, M. (2009). Full Frontal PR: Getting People Talking about You, Your Business, or Your Product. Bhuana Ilmu Populer.

Ruslan, R. (2001). Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Rajawali Press.

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Raja Grafindo Persada.

Smith, R. D. (2005). Strategic Planning for Public Relations (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Pratiwi, A. M., & Mahdiah, M. (2020). Special Event Sebagai Sarana Meningkatkan Citra Panasonic Beauty. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 57–71. https://doi.org/10.37535/103001120205