Special Event Sebagai Sarana Meningkatkan Citra Panasonic Beauty
DOI:
https://doi.org/10.37535/103001120205Keywords:
Panasonic, Komunikasi, strategi public relations, special event, citraAbstract
PT Panasonic Gobel Indonesia adalah sebuah perusahaan manufaktur kelas dunia di bidang elektronik, khususnya untuk kebutuhan konsumen awam, bisnis dan industri. Beberapa tahun terakhir, Panasonic meluncurkan sebuah produk baru yaitu Panasonic Beauty yang belum luas distribusinya sehingga citranya pun masih kurang di kalangan masyarakat. Tujuan dari perencanaan konsep ini adalah untuk meningkatkan citra Panasonic Beauty, disamping produk-produk elektronik Panasonic lainnya yang juga telah lama eksis di Indonesia. Perencanaan ini berupa strategi Public Relations roadshow campus-to-campus bernama “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty†yang telah kami rancang. Perencanaan strategi ini dibuat menggunakan teori 9 Steps Strategy of Public Relations oleh Ronald D. Smith. Strategi yang digunakan adalah membuat special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty†yang terdiri dari pre-event, special event, dan post-event. Pre-event berupa penyelenggaraan press conference untuk media terpilih sebagai wadah untuk mempromosikan special event. Special event “Girls Beauty Room by Panasonic Beauty†mencakup 3 acara yaitu talkshow, free hairstyling di mobile salon, dan perlombaan foto di Instagram Panasonic Beauty. Rangkaian acara diakhiri dengan post-event berupa evaluasi dan media monitoring. Untuk hasil akhir (evaluasi), perencanaan ini menggunakan 6 langkah evaluasi yaitu menghitung berapa media yang datang, menghitung berapa banyak partisipan special event, menganalisis antusiasme dari partisipan special event, menghitung berapa banyak publik yang memberikan publikasi, melakukan media monitoring, menghitung berapa persen citra Panasonic Beauty yang meningkat setelah kegiatan acara dilakukan.
References
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (9th ed.). Pearson Education.
Jefkins, F., & Yadin, D. (2003). Public Relations (5th ed.). Erlangga.
Laermer, R., & Prichinello, M. (2009). Full Frontal PR: Getting People Talking about You, Your Business, or Your Product. Bhuana Ilmu Populer.
Ruslan, R. (2001). Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Rajawali Press.
Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Raja Grafindo Persada.
Smith, R. D. (2005). Strategic Planning for Public Relations (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.