Upaya Meningkatkan Brand Awareness NSR Skirt Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.37535/103001120204Keywords:
media sosial, SOSTAC, awarenessAbstract
Fenomena pemasaran on-line berkembang seiring pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia. Penerapan pemasaran media sosial (social media marketing) menambah dimensi baru untuk menyebarluaskan pesan, bertukar informasi tentang produk atau jasa, serta berbagi pengalaman mengenai suatu brand. Melihat peluang ini NSR, produsen pakaian jadi (garment) yang khusus memasarkan rok (skirt) secara daring (on-line) menggunakan konsep pemasaran media sosial (social media marketing) untuk membangun kesadaran merek (brand awareness) sekaligus meningkatkan penjualan produknya.
Untuk membangun kesadaran merek NSR ini, membuat program pemasaran daring dengan menggunakan media sosial. Metode pengembangan program dilakukan dengan menerapkan model perencanaan pemasaran SOSTAC yang terdiri atas Situation Analysis, Objective, Strategy, Tactics, Action, dan Control (Smith, 2011). Perencanaan strategi pemasaran dalam membangun awareness dirancang pelaksanaannya selama kurun waktu enam bulan. Beberapa elemen yang menjadi kriteria untuk mencapai tujuan awareness menggunakan media sosial adalah jumlah likes, followers, hashtag dan viewer yang diikuti peningkatan pembelian.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.





