Upaya Meningkatkan Brand Awareness NSR Skirt Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial

Authors

  • Nur Sella Rakhmadhona

DOI:

https://doi.org/10.37535/103001120204

Keywords:

media sosial, SOSTAC, awareness

Abstract

Fenomena pemasaran on-line berkembang seiring pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia. Penerapan pemasaran media sosial (social media marketing) menambah dimensi baru untuk menyebarluaskan pesan, bertukar informasi tentang produk atau jasa, serta berbagi pengalaman mengenai suatu brand. Melihat peluang ini NSR, produsen pakaian jadi (garment) yang khusus memasarkan rok (skirt) secara daring (on-line) menggunakan konsep pemasaran media sosial (social media marketing) untuk membangun kesadaran merek (brand awareness) sekaligus meningkatkan penjualan produknya.

Untuk membangun kesadaran merek NSR ini, membuat program pemasaran daring dengan menggunakan media sosial. Metode pengembangan program dilakukan dengan menerapkan model perencanaan pemasaran SOSTAC yang terdiri atas Situation Analysis, Objective, Strategy, Tactics, Action, dan Control (Smith, 2011). Perencanaan strategi pemasaran dalam membangun awareness dirancang pelaksanaannya selama kurun waktu enam bulan. Beberapa elemen yang menjadi kriteria untuk mencapai tujuan awareness menggunakan media sosial adalah jumlah likes, followers, hashtag dan viewer yang diikuti peningkatan pembelian.

References

Aaker, D. (2011). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name. The Free Press.

APJII (2017). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. APJII. https://www.apjii.or.id/content/read/39/342/%20Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017

Belch, G.E. & Belch, M.A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. McGraw Hill.

Bunga, R. (2018, Januari 1). Pecinta Fashion Wajib Tahu Nih 10 Trend Busana di Tahun 2018. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/women/rully-bunga/trend-busana-wanita-2018-nanti/

Chaffey, D. (2009). E-Business and E-Commerce Management (4th ed.). Prentice Hall.

Chintamany, Y. (2019). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Jogja Fashion Center di Yogyakarta (No. Publikasi 2971) [Skripsi Strata 1, Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. UAJY’s Library.

Evans, D. (2012). Social Media Marketing: An Hour a Day. Wiley Publishing.

Hertian, N. (2017, Januari 23). 6 Rok Fashion Generasi 90an yang Masih Trend Hingga Kini. ShopBack. https://www.shopback.co.id/katashopback/6-rok-fashion-generasi-90an-yang-masih-trend-hingga-kini

Islamiyati, N. (2017, November 1). 10 Template Ini Akan Membantumu Membuat Instagram Story yang Ciamik. Jagoan Hosting_. https://www.jagoanhosting.com/blog/10-template-ini-akan-membantumu-membuat-instagram-story-yang-ciamik/

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Mahoney, M. L & Tang, T. (2017). Strategic Social Media: From Marketing to Social Change. Wiley Blackwell.

Putri, A. (2012, Maret 23). Perkembangan Web. WordPress. https://aprilinaputri19.wordpress.com/2012/03/23/perkembangan-web

Rafiq, M., & Ahmed, P. (1995). Using the 7Ps as a generic marketing mix: an exploratory survey of UK and European marketing academics. Marketing Intelligence & Planning, 13(9), 4-15. https://doi.org/10.1108/02634509510097793

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Gramedia Pustaka Utama.

Regina, M., & Pratama, S. (2015). Perencanaan Strategi Komunikasi Pemasaran Sababay Winery Melalui Online Marketing [Tidak Diterbitkan, Skripsi Strata 1]. STIKOM The London School of Public Relations – Jakarta.

Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.

Smith, P.R. & Zook, Z. (2011). Marketing Communication: Integrating offline and online with social media (5th ed.). Kogan Page.

Sugiyama, K. & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of cross switch marketing from the world’s most innovative advertising agency. McGraw Hill.

Tracy, L.T. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Praeger Publishers.

Watson, T. & Noble, P. (2005), Evaluating Public Relations: A Best Practice Guide to Public Relations and Evaluation. Kogan Page.

WEBARQ Digital Agency (2016, September 15). Memahami SEO dan SEM Bagi Pemula Digital Marketing. WEBARQ. https://www.webarq.com/id/memahami-seo-dan-sem-bagi-pemula-digital-marketing.html

Wicaksono, K. C. B. (2013). Mengukur Efektivitas Social Media Bagi Perusahaan. Binus Business Review, 4(1), 551-564. https://doi.org/10.21512/bbr.v4i1.1419

York, A. (2018, Maret 13). Best Times to Post on Social Media: 2018 Industry Research. Sprout Social. https://sproutsocial.com/insights/best-times-to-post-on-social-media/

Yuswohady. (2008, September 6). “Low Budget High Impact” Marketing. Yuswohadi.com. https://www.yuswohady.com/2008/09/06/%E2%80%9Clow-budget-high-impact%E2%80%9D-marketing/

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Rakhmadhona, N. S. (2020). Upaya Meningkatkan Brand Awareness NSR Skirt Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.37535/103001120204