Analisis Efektivitas Komunikasi Krisis PT A: Studi Kasus Sangkaan Pengambilan Air Tanah Secara Ilegal

Authors

  • Ardhina Zaiza

DOI:

https://doi.org/10.37535/103001120202

Keywords:

komunikasi krisis; manajemen krisis; studi kasus krisis; krisis perusahaan; komunikasi perusahaan

Abstract

Tidak ada organisasi yang kebal terhadap krisis. Pada satu titik, mereka pasti akan mengalami krisis. Keberhasilan organisasi dalam menangani krisis itu sendiri akan bergantung pada bagaimana mereka melakukan manajemen krisis yang tepat, termasuk komunikasi krisis. Penelitian ini adalah studi kasus dari perusahaan minuman terkenal, PT A, yang pernah mengalami krisis dalam bentuk kasus hukum yang berkaitan dengan perizinan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas PT A dalam krisis mereka. Studi ini mengamati proses manajemen krisis berdasarkan tahapan krisis dan menggunakan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) sebagai dasar. Meskipun tidak ideal, dapat dikatakan bahwa komunikasi krisis PT A efektif. Ini membuktikan gagasan bahwa setiap krisis itu unik, dan perlakuan terhadap krisis harus disesuaikan dengan pilihan terbaik untuk kondisi pada saat itu.

References

Coombs, T. W. (2007). Crisis Management and Communications.
Coombs, W. (2012). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding (3rd ed.). California: SAGE Publications
Creswell, J.W., (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3 ed.).Sage Publications, thousand Oaks, USA
Fearn-Banks, K. (1996). Crisis Communications: A Casebook Approach. New York: Routledge
Fink, S. (1986). Crisis Management: Planning for the Inevitable. American Management Association
Fink, S. (2013). Crisis Communications: The Definitive Guide to Managing the Message. New York: McGraw-Hill.
Mitroff, I., Shrivastava, P., & Udwadia, F.E. (1987). Effective Crisis Management. The Academy of Management Executive (1987-1989), Vol. 1, No. 4, pp. 283-292
Saputra, A. (2017, 23 Januari). MA Mentahkan Tuntutan Jaksa ke Manajer PT A
Stewart, T. (2002). Principles of research in communication. Boston: Allyn and Bacon.

Downloads

Published

2021-01-06

How to Cite

Zaiza, A. (2021). Analisis Efektivitas Komunikasi Krisis PT A: Studi Kasus Sangkaan Pengambilan Air Tanah Secara Ilegal. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 20–36. https://doi.org/10.37535/103001120202