Analisis Efektivitas Komunikasi Krisis PT A: Studi Kasus Sangkaan Pengambilan Air Tanah Secara Ilegal
DOI:
https://doi.org/10.37535/103001120202Keywords:
komunikasi krisis; manajemen krisis; studi kasus krisis; krisis perusahaan; komunikasi perusahaanAbstract
Tidak ada organisasi yang kebal terhadap krisis. Pada satu titik, mereka pasti akan mengalami krisis. Keberhasilan organisasi dalam menangani krisis itu sendiri akan bergantung pada bagaimana mereka melakukan manajemen krisis yang tepat, termasuk komunikasi krisis. Penelitian ini adalah studi kasus dari perusahaan minuman terkenal, PT A, yang pernah mengalami krisis dalam bentuk kasus hukum yang berkaitan dengan perizinan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas PT A dalam krisis mereka. Studi ini mengamati proses manajemen krisis berdasarkan tahapan krisis dan menggunakan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) sebagai dasar. Meskipun tidak ideal, dapat dikatakan bahwa komunikasi krisis PT A efektif. Ini membuktikan gagasan bahwa setiap krisis itu unik, dan perlakuan terhadap krisis harus disesuaikan dengan pilihan terbaik untuk kondisi pada saat itu.
References
Coombs, W. (2012). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding (3rd ed.). California: SAGE Publications
Creswell, J.W., (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (3 ed.).Sage Publications, thousand Oaks, USA
Fearn-Banks, K. (1996). Crisis Communications: A Casebook Approach. New York: Routledge
Fink, S. (1986). Crisis Management: Planning for the Inevitable. American Management Association
Fink, S. (2013). Crisis Communications: The Definitive Guide to Managing the Message. New York: McGraw-Hill.
Mitroff, I., Shrivastava, P., & Udwadia, F.E. (1987). Effective Crisis Management. The Academy of Management Executive (1987-1989), Vol. 1, No. 4, pp. 283-292
Saputra, A. (2017, 23 Januari). MA Mentahkan Tuntutan Jaksa ke Manajer PT A
Stewart, T. (2002). Principles of research in communication. Boston: Allyn and Bacon.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.