Peran Guru dan Perilaku Etis Murid Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.37535/103001220208Keywords:
guru; peran; etika; perilaku; komunikasi interpersonalAbstract
Penelitian ini membahas mengenai peran guru membangun perilaku etis dalam komunikasi interpersonal pada murid TK Mini Pak Kasur Cikini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru membangun perilaku etis melalui komunikasi interpersonal pada murid TK Mini Pak Kasur Cikini. Teori utama yang digunakan adalah teori komunikasi yang dikemukan oleh David K.Berlo yang berfokus pada komunikasi interpersonal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap lima informan. Melalui display data, reduksi data dan penyusunan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa peran guru sangat mempengaruhi murid dalam berperilaku etis. Perubahan perilaku pada murid dapat dilihat pada komunikasi interpersonal antara guru dan murid yang terjalin dengan efektif.
References
Bertens, K. (2015). Etika. Yogyakarta: Kanisius.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Hardjana, A. M. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.
Latif, M., Zulkhairina., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Sebagai Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2004). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.