Analisis Budaya Organisasi PT XYZ Pascamerger
DOI:
https://doi.org/10.37535/103004120238Keywords:
Budaya korporasi pascamerger, budaya organisasiAbstract
Penelitian ini membahas tentang analisis budaya organisasi PT XYZ pascamerger. PT XYZ terbentuk dari tiga perusahaan yaitu PT X, PT Y, dan PT Z. Tergabungnya tiga perusahaan tersebut, membentuk berbagai tantangan dalam menciptakan budaya organisasi yang positif. Dalam menganalisis permasalahan ini, peneliti menggunakan teori budaya organisasi untuk melihat bagiamana upaya PT XYZ dalam membentuk budaya perusahaan, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendakatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT XYZ hanya dapat memenuhi dua asas yang terdapat dalam budaya organisasi yang positif, yaitu asas empiris dan asas prestasi. Sedangkan, enam asas lainnya, asas tujuan, asas keunggulan, asas konsesus, asas kesatuan, asas keakraban, dan asas integritas tidak cukup kuat di dalam budaya organisasi PT XYZ pascamerger. Penelitian ini merupakan bagian dari tesis peneliti yang tidak dipublikasikan.
References
Tarigan, Josua., Yenewan, Swenjiadi., Natalia, Grace. (2016). Merger dan Akuisi: Dari Perspektif Strategis dan Kondisi Indonesia (pendekatan konsep dan studi kasus). Yogyakarta: Ekuilibra
Moin, Abdul. (2003). Merger, Akuisisi dan Divestasi. Ekonesia: Yogyakarta
Weber, Roberto, A., &Camerer, Colin, F. (2003). Cultural conflict and merger failure:
an experimental approach. Management Science, 49 (4), 400-415. doi.org/10.1287/mnsc.49.4.400.14430
Bourantas, Dimitris., Nikolaou, Loannis., & Vakola, Maria. (2011). The Role of Silence on Employees Attitudes “The Day After” a Merger. Porsennel Review, 40(6), 723-741. doi: 10.1108/00483481111169652
Allen, J., Jimmieson, L. N., Bordia, P., & Irmer E. B. (2007). Uncertainty during organizational change: managing perceptions through communication. Journal of Change Management, 7(2), 187-210. doi:10.1080/14697010701563379
Sutrisno, Eddy. (2018). Budaya organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fariha Sulmaihati, Ramadhani Utami Dewi, Annisa Nadhila Utoro, Sarah Permatasari, Ni Putu Selly Kusmirayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.