Strategi Penanganan Krisis dalam Kajian Corporate Communication
Studi Kasus Manajemen Krisis Program Marsipature pada Perusahaan Tambang di Sumatra Utara
DOI:
https://doi.org/10.37535/103004120237Keywords:
Strategi Penanganan Krisis, Manajemen Krisis, Komunikasi KorporasiAbstract
Komunikasi merupakan aktivitas yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Namun, dalam prosesnya, terdapat peluang komunikasi yang tidak tepat sehingga menimbulkan konflik atau disebut juga krisis komunikasi. Strategi komunikasi merupakan upaya komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan pesan secara tepat kepada sasaran komunikasi dengan tujuan agar persepsi antara komunikator dan komunikan dapat dibangun secara selaras. Dengan pemahaman dan persepsi yang sama, maka suatu organisasi dapat mencapai tujuannya dengan lancar. Namun, jika dalam proses tersebut terjadi suatu konflik sehingga menimbulkan krisis komunikasi antara kedua belah pihak, maka diperlukan adanya strategi penanganan krisis atau manajemen krisis. Untuk melakukan upaya tersebut, dibutuhkan peran corporate communication sebagai strategi yang tepat dalam mengatasi konflik yang terjadi.
Kata kunci: Strategi Penanganan Krisis, Manajemen Krisis, Komunikasi Korporasi
References
Arifin, A. (1994). Strategi Komunikasi. Bandung: Armico.
Bungin, B. (2017). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma. dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fajar, A. (2011). Sistem Kendali dan Strategi Penanganan (Manajemen) Krisis dalam Kajian Public Relations. Jurnal Komunikasi, Vol. 1, No. 3, 279–286.
Fearn-Banks, K. (1996). Crisis communications: A casebook approach. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Fill, C. (2005). Marketing Communication. Prentice Hall Inc.
Hunger, J. D. dan Wheelen, T. L. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Iskandar, I., Hidayat, D. R., Priyatna, C.C. (2021). Strategi Komunikasi Krisis DPR RI Menggunakan Instagram Menghadapi Penolakan RUU Cipta Kerja. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol. 12, 107–120.
Islamy, I. E. (2019). Strategi Komunikasi Pembangunan Marsipature Hutanabe (Partisipatif) Masyarakat Desa Doulu Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Komunikasi Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, Vol. 6, No. 2, 155–167.
Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.
Kulvisaechana, S. (2001). The Role of Communication Strategies in. Change Management Process: A Case Study of Consignia Brand and Business. University of Cambridge.
Kyhn, H. S. (2008). Situational Crisis Communication Theory : Its Use In a Complex Crisis With Scandinavian Airlines Grounding of Dash 80Q400 Airplanes. Denmark: Aarhus School of Business.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktavia, F. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa dalam Memediasi Kepentingan PT Bukit Borneo. eJournal Ilmu Komunikasi, Vol. 4, No. 1, 239–253.
Rahimi, I. dan Imran, A. I. (2021). Strategi Penanganan Komunikasi Krisis Padepokan Tujuh Sembilan dengan Mitra Perusahaan. Jurnal e-Proceeding of Management, Vol. 8, No. 5, 7636–7653.
Sitinjak, A. R. (2013). Pola Komunikasi Public Relation Officer dalam Mempertahankan Citra PT Lion Air Indonesia Cabang Manado. Jurnal Acta Diurna, 1 (1), 1–18.
Suwono. (2018). Strategi Komunikasi dalam Proses Pengambilan Keputusan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Studi Kasus Penyelenggaraan Musrenbang Tingkat Kabupaten Nganjuk). Jurnal Program Studi Media dan Komunikasi. Universitas Airlangga: Surabaya.
Sudiyarti, N., Fitriani, Y. Jusparnawati. (2021). Analisis Dampak Sosial Ekonomi Keberadaan Tambang Emas Rakyat terhadap Masyarakat Desa Lito. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9, No. 2, 152-160.
Widowati, D. (2019). Peran Corporate Communication PT Krakatau Steel dalam Mengatasi Krisis. Communicare: Journal of Communication Studies, Vol. 6, No. 2, 190–203.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bayu Anggriyani, Alvian Jelang Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright rules apply for the articles that are featured in COMMENTATE: Journal of Communication Management
- COMMENTATE: Journal of Communication Management holds the right to be the first to publish the article.
- Authors will still be the copyright holder for their articles published on COMMENTATE: Journal of Communication Management and can use it freely as long as it does not violate the rules.
- Papers featured on COMMENTATE: Journal of Communication Management are under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. Further details can be access on Open Access Policy.