Analisis Komunikasi Persuasif Food Vlogger dalam “Review Jujur” Restoran “Kultur Haus Makassar”

Authors

  • Aliya Marsha Saiful LSPR Institute of Communication & Business
  • Dewi Rachmawati LSPR Institute of Communication & Business

DOI:

https://doi.org/10.37535/103004220234

Keywords:

Komunikasi Persuasif, Media Sosial, Teori Penilaian Sosial, Food Vlogger

Abstract

Review dari food vlogger tidak dapat dipungkiri adalah hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih tempat untuk kuliner. Bagaimana caranya para food vlogger tersebut mempersuasi konsumen? Sampai akhirnya konsumen memutuskan untuk memilih atau tidak memilih tempat makam yang di review tersebut. Kultur Haus Makassar adalah salah satu restoran di Kota Makassar yang banyak di review oleh food vlogger. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana food vlogger makanan dan minuman independen di media sosial menggunakan komunikasi persuasif untuk mempengaruhi persepsi publik terhadap suatu tempat makan, dalam hal ini Kultur Haus Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis konten TikTok dari dua food vlogger independen, @makassarkulinercom dan @tantejuminten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua food vlogger tersebut berhasil mempengaruhi persepsi publik terhadap Kultur Haus Makassar. Konten @makassarkulinercom mendorong audience untuk mengunjungi Kultur Haus Makassar, sedangkan konten @tantejuminten mendorong audience untuk mempertimbangkan opini yang diberikan sebelum memutuskan untuk mengunjungi Kultur Haus Makassar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa teori penilaian sosial Muzafer Sherrif dapat digunakan untuk menganalisis efektivitas komunikasi persuasif dalam ulasan makanan dan minuman di media sosial. Serta persona dan informasi yang diberikan oleh para food vlogger independen ini memiliki kekuatan dalam mempengaruhi opini, cara pandang, dan persepsi publik terhadap bisnis makanan dan minuman. Serta komunikasi persuasif efektif dalam mempengaruhi penilaian sosial atau publik terhadap objek topik, terutama dalam kategori ulasan makanan dan minuman independen dalam tren “review jujur” yang marak terjadi.

References

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.

Damayanti, A., Delima, I. D., & Suseno, A. (2023, September). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @rumahkimkotatangerang). PIKMA: Jurnal Publikasi Informasi Komunikasi Media dan Cinema, 6(1), 173-190.

Eric, Jocelyn, Cen, A., Bong, V., & Lie, F. K. (2022, Juli). Dampak Influencer Instagram terhadap Gaya Hidup Belanja Impulsif pada Remaja di Batam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 135-144.

Eagly, A. H., & Chaiken, S. (1993). The tendency to attribute false memories to the media. Psychological Science, 4(3), 228-235.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33-54. 10.21831/hum.v21i1

Farida, F. N. (2024, Januari 22). Gen Z, Generasi Penjelajah Tren Makanan. beritamagelang.id.

https://www.beritamagelang.id/kolom/gen-z-trend-penjelajah-makanan

Febriani, T., Rahmanto, A. N., & Muhammad, A. (2022, Desember 3). Credibility Effect of Social Media Influencers (SMI) on Brand Awareness of Processed Food Products: Study on “Fortivit” Rice BULOG. PANGAN, 31(3), 233-248.

Hendra, S. P. (2023, Juni 2). Studi Eksperimen Pengaruh Lintang Penilaian terhadap Publisitas Negatif terkait Penobatan Gelar Duta Covid-19. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 842-851.

Jatmiko. (2019, Agustus 13). Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar. Universitas Esa Unggul. Https://Www.Esaunggul.Ac.Id/Komunikasi-Pemasaran-Sebagai-Strategi-Memper Luas-Pasar/

Ligariaty, Y., & Irwansyah. (2021, September). Narasi Persuasi Social Media Influencer Dalam Membangun Konsep Kecantikan Dan Kepercayaan Diri. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2), 173-186.

Maulana, I., Manulang, J. M., & Salsabila, O. (2020, Maret). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28-34.

McGuire, W. J., & McGuire, G. H. (1962). Inoculation theory: The immunization hypothesis. Psychological Review, 69(4), 293-316.

Merdeka, R. M. (2021, Desember 21). Pengertian Komunikasi Bisnis: Unsur, Jenis, Fungsi, Dan Manfaatnya. GreatDay HR. Retrieved Juni 14, 2024. https://greatdayhr.com/id-id/blog/komunikasi-bisnis/

Misnan, & Barizki, R. N. (2021, Desember). Strategi Komunikasi Bisnis Hipmikindo Dalam Mensinergikan Sumberdaya Akademisi Dan Pelaku Umkm. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 20(2), 226-241. Naryo, S. D. (2023, Juni 5). Kiat Memaksimalkan Bisnis F&B pada Digital Marketing.

Muzni, N., & Budiman, D. A. (2021). Studi Social Judgment Perilaku Gen-Z Di Bengkulu Selama Masa Pandemi Study Of Social Judgment Of Gen-Z Behavior In Bengkulu During. Jurnal Komunikasi dan Budaya ISSN : 2723-0929. Jurnal Komunikasi Dan Budaya, Volume 02,314–32 Unair.ac.id.

https://unair.ac.id/kiat-memaksimalkan-bisnis-fb-pada-digital-marketing/

Nurhamidah, Yensasnidar, & Manora, E. (2019). Hubungan Penampilan, Rasa Dan Keramahan Penyajian Terhadap Sisa Makanan Pada Pasien Rawat Inap Rsud Arosuka Solok. Journal of Sainstek, 11(2), 56-64.

Pakasi, G. A. F. F. (2024, Maret 20). Budaya Influencer: Pengaruhnya terhadapKeputusan Pembelian Konsumen. Semafebuh.com. https://www.semafebuh.com/2024/03/20/budaya-influencer-pengaruhnya-terh adap-keputusan-pembelian-konsumen/

Parayow, B. A. D., & Magdalena, N. (2023, Desember 2). Analisis Social Media Influencer dan Followers dalam Mendorong Ikatan Emosional dan Niat Pengadopsian Perubahan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal of Integrated System (JIS), 6(2), 125-143.

Petty, R. E., & Cacioppo, J. T. (1984). Communication and persuasion: Central and peripheral routes to attitude change. Springer Science & Business Media.

Prawityasari, A., Nabila, A. P., & Hutagalung, Y. B. (2022, Juli). Strategi Komunikasi Media Sosial dalam Meningkatkan Citra Merk. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 938-942.

Pricilia, E. C., & Jatmiko, B. P. (2024, Mei 1). 3 Kunci Penting dalam Berbisnis F&B. UMKM - Kompas.com. https://umkm.kompas.com/read/2024/05/01/132525083/3-kunci-penting-dala m-berbisnis-fb

Pricilia, E. C., & Jatmiko, B. P. (2024, Mei 7). Agar Pelanggan Loyal, Pebisnis Harus Paham Komunikasi. Kompas.com. https://umkm.kompas.com/read/2024/05/07/131103183/agar-pelanggan-loyal- pebisnis-harus-paham-cara-menjalin-komunikasi

Qiarasyifa, S. (2020, November 30). Endorsement di Kalangan Influencer Media Sosial – DIKOM UGM. DIKOM UGM. Retrieved Juni 14, 2024. https://dikom.fisipol.ugm.ac.id/endorsement-di-kalangan-influencer-media-sosi al/

Rahmawati, R. (2023, Maret). Apakah Media Sosial Menyelamatkan Bisnis F&B Di Era Pandemi? Dimensi, 12(1), 230-256.

https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/5089/pdf

Rahmawati, S. D., (2021). Pengaruh Media Sosial Seorang Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui E-Commerce. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 1(1), 281-294.

https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/article/view/58/44

Rosyidani, N. M., Rahma, G. A., Rahayu, L., Putri, M., & Handayani, W. T. (2024,April). Analisa Pengaruh Daya Tarik Influencer Terhadap Niat Pembelian Melalui Kepercayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 2(2), 273-281.

Safitri, A. A., Rahmadhany, A., & Irwansyah. (2021, Januari 31). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTokterhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3(1), 1-9.

Safitri, L. A., Pradiatiningtyas, D., & Dewa, C. B. (2023, November). Pengaruh Food Vlogger dan Promosi Endorse Media Sosial pada Brand Exposure Wisata Kuliner Klaten. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 28(3), 267-278.

Sashikirana, A. K., & Jatmiko, B. P. (2024, Maret 22). Buka Restoran Jepang, Adrian Kombinasikan Japanese dan Indonesian Food. UMKM - Kompas.com. https://umkm.kompas.com/read/2024/03/22/143000183/buka-restoran-jepang

-adrian-kombinasikan-japanese-dan-indonesian-food

Suminar, A. (2022, Januari 6). Pengamat: Konten Review Makanan Punya Efek Domino di Bisnis Kuliner. suarasurabaya.net. https://www.suarasurabaya.net/ekonomibisnis/2022/pengamat-konten-review- makanan-punya-efek-domino-di-bisnis-kuliner/

Suryana, A. (2014). Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif. Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/SKOM432603-M1.pdf

Syarif, E. (2019, Desember). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Dan Pendapat Pemuda Mengenai Ujaran Kebencian. Jurnal Common, 3(2), 120-141.

Wardah, F., & Albari. (2023). Analisis Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan JavaMifi. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 188-205.

Wibisono, A. (2019, Maret 6). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Djkn.kemenkeu.go.id. Retrieved Juni 13, 2024. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/memahami-metode-penelitian-kualitatif

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Saiful, A. M., & Rachmawati, D. (2024). Analisis Komunikasi Persuasif Food Vlogger dalam “Review Jujur” Restoran “Kultur Haus Makassar” . COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(2), 133–150. https://doi.org/10.37535/103004220234