Analisis Resepsi Penonton Terhadap Mitos Kecantikan dalam Video Musik “Tutur Batin”

Authors

  • Triana Ajeng Adzkiya Universitas Amikom Yogyakarta
  • Stara Asrita Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37535/103004220236

Keywords:

analisis resepsi, mitos kecantikan, musik video

Abstract

Mitos  kecantikan  di  masyarakat  membuat  para perempuan  tidak  bisa  bebas  dalam  menentukan bagaimana mereka berpenampilan dan berperilaku sehingga mereka terus menerus berusaha untuk memenuhi standar tertentu agar terhindar dari perasaan kurang aman yang dapat timbul sewaktu-waktu. Para perempuan telah berusaha melampaui mitos kecantikan untuk mengatasi hal tersebut dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui media musik video. Musik video Yura Yunita “Tutur Batin” adalah salah satu musik video yang mengangkat  isu  perempuan  atau  mitos kecantikan  di  masyarakat.  Penelitian  ini  memiliki  tujuan  untuk mengetahui resepsi penonton terhadap upaya perempuan melampaui mitos kecantikan dalam video musik Yura Yunita “Tutur  Batin”. Penelitian ini  menggunakan  metode penelitian  kualitatif dengan  pendekatan analisis resepsi encoding-decoding milik Stuart Hall untuk mengetahui posisi penerimaan penonton. Subjek penelitian ini adalah penggemar dan followers Instagram @yurayunita dan @hiphipyura dengan rentang usia 18-30 tahun, didapati lima narasumber yang memenuhi kriteria subjek penelitian. Data diperoleh melalui hasil wawancara dengan narasumber. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan perbedaan resepsi antar narasumber. Ditemukan tiga narasumber menempati posisi dominan, dan dua narasumber menempati posisi negosiasi. Peneliti menemukan bahwa musik video Yura Yunita “Tutur Batin” sudah menggambarkan perempuan yang telah berhasil melampaui mitos kecantikan dan mengajak perempuan agar bisa bebas atau memilih jalannya sendiri.

References

Fatharani, R. B. (2019). ANALISIS RESEPSI TENTANG CITRA PUBLIK PEREMPUAN DALAM FILM CRITICAL ELEVEN RECEPTION ANALYSIS OF WOMEN’S PUBLIC IMAGE IN THE “CRITICAL ELEVEN” MOVIE. Lektur: Jurnal Komunikasi, 2(1), 1–13.

Fathurizki, A., & Malau, R. M. U. (2018). Pornografi dalam Film: Analisis Resepsi Film “Men, Women & Children”. ProTVF, 2(1), 19-35.

Huriani, Yeni. (2021) Pengetahuan Fundamental tentang Perempuan (e-book). Bandung: Lekkas. Available at: https://digilib.uinsgd.ac.id/42622/ (Accessed: 25 July 2022).

Juitan Lase, F. (2017). Penggambaran Perempuan di Majalah Popular 1988-2018. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 41–56.

Kemenpppa. (2022, March 03). Akibat Pandemi Covid-19, Kesenjangan Gender Meningkat. Kemenpppa.go.id

Mahanani, M. P., Laraswati, D., Salsadilla, R., Nabilah, H., & Wibowo, H. (2020). Pelatihan Konsep Diri Remaja Putri Untuk Membangun Pemahaman Tentang Standar Kecantikan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 449-456.

Nabila, A. (2022, April 17). Pretty Privilege, Menurut Riset Ini Alasan Mengapa Perempuan Berpenampilan Menarik Lebih Disukai di Tempat Kerja. Parapuan.

Rahardaya, A. (2021). Analisis Wacana Kritis Representasi Counter-Hegemony Standar Kecantikan Pada Unggahan Akun Instagram @Tarabasro. Nivedana: Komunikasi dan Bahasa, 2(1), 31-52.

Sekarwening, N. I. (2021). Analisis Isi: Dampak Standar Kecantikan Pada Film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 61-68.

Syafrina Billah, N., Mei, R., & Malau, U. (2022). REPRESENTASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM IKLAN GRABCAR VERSI #AMANUNTUKSEMUA (Analisis Semiotika Roland Barthes). MEDIALOG:Jurnal IlmuKomunikasi, V(1), 44–54.

Wahyuningtyas, V. N., & Agustiana, N. D. (2020). RESEPSI MAHASISWA TERHADAP MASKULINITAS MELALUI FASHION IDOL KPOP: (Studi Deskriptif Kualitatif Maskulinitas pada Fashion yang Ditampilkan dalam Music Video BTS “No More Dream” dan “Boy With Luv”). Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan, 2(1), 32-47.

Wolf, N. (2004). Mitos Kecantikan: Kala Kecantikan Menindas Perempuan. Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Alia Swastika From The Beauty Myth: How Images of Beauty Are Used Against Women. Yogyakarta: Niagara.

ZAP. (2021). ZAP Beauty Index Agustus 2021. ZAP Clinic. Indonesia.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Adzkiya, T. A., & Asrita, S. (2024). Analisis Resepsi Penonton Terhadap Mitos Kecantikan dalam Video Musik “Tutur Batin”. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 4(2), 166–183. https://doi.org/10.37535/103004220236