Pengaruh Interaktivitas Terhadap Interaksi Sosial Konten YouTube Windah Basudara Pada Khalayak Remaja

Authors

  • Mariko Rizkiansyah Universitas Bina Nusantara
  • Prada Hafiz Mahardika LSPR Institute of Communication and Business
  • Ani Berta LSPR Institute of Communication and Business

Keywords:

Interaktivitas, Interaksi Sosial, YouTube, Pembuat Konten, Khalayak

Abstract

Interaktivitas adalah elemen penting dalam media baru seperti YouTube, yang memungkinkan pengguna berkomunikasi aktif melalui fitur interaktif, seperti kolom komentar. Penelitian ini berfokus pada kanal YouTube gaming "Windah Basudara," yang dikenal interaktif dengan audiensnya, khususnya remaja. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan antara interaktivitas kanal tersebut dengan interaksi sosial audiensnya, serta mengetahui dimensi interaktivitas yang paling memengaruhi aspek social support, friendship, dan intimacy. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 402 responden remaja berusia 12-25 tahun, yang diambil melalui purposive sampling dari grup Facebook "Fans Windah Basudara" dan akun X (Twitter) @nocontextwindah. Metode yang digunakan mencakup analisis regresi linear sederhana dan korelasi Spearman Rank dengan bantuan software SPSS 25. Temuan penelitian menunjukkan hubungan signifikan dan positif antara interaktivitas dan interaksi sosial (R = 0,649; p < 0,05). Dimensi connectedness memiliki pengaruh terbesar terhadap social support (R = 0,481), sedangkan playfulness memiliki pengaruh terendah terhadap intimacy (R = 0,267). Interaktivitas hanya menyumbang 39,9% terhadap interaksi sosial, sementara 60,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan, penelitian menyatakan bahwa interaktivitas pada kanal "Windah Basudara" berkontribusi signifikan terhadap interaksi sosial, dengan connectedness sebagai dimensi dominan dalam memenuhi kebutuhan dukungan sosial audiens. Sebaliknya, dimensi playfulness kurang memengaruhi kebutuhan intimacy. Penelitian ini mendukung pentingnya indikator interaktivitas dalam konten YouTube, seperti yang disarankan dalam penelitian sebelumnya. Studi lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi interaksi sosial di luar interaktivitas, serta menggunakan metode kualitatif untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam, misalnya dengan wawancara atau observasi terhadap audiens dan kreator konten.

References

Astuti, B. W., & Aritonang, B. M. (2019). Interaktivitas Radio Suara Surabaya: Penggunaan, Fungsi dan Model Interaktivitas. JURKOM: Jurnal Riset Komunikasi, 2(1), 38-50. https://doi.org/https://doi.org/10.24329/jurkom.v2i1.41

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89-98. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jsl.v3i2.19366

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. SAGE.

Danesi, M. (2009). Dictionary of Media and Communications (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315705194

Dholakia, U. M., Bagozzi, R. P., & Pearo, L. K. (2004). A social influence model of consumer participation in network- and small-group-based virtual communities. International Journal of Research in Marketing, 241-263.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikrodesasenggigi Dengan Menggunakan Skewness Dankurtosis. Jurnal Varian, 2(1), 31-36.

Ghani, Z. B. R. (2023, May 14). 14 Fakta Windah Basudara, YouTuber gaming Favorit para Bocil. Duniaku. https://duniaku.idntimes.com/geek/culture/zihan-berliana-ram-ghani/fakta-windah-basudara-youtuber-gaming

Gustaven, P. A., & Tilley, E. (2003). Public relations communication through corporate websites: Towards an understanding of the role of interactivity. PRism, 1(1), 1-14.

Ha, L., & James, E. L. (1998). Interactivity reexamined: A baseline analysis of early business web sites. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 42(4), 457-474. https://doi.org/10.1080/08838159809364462

Hamdan, & Mahmuddin. (2021). Youtube sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 6(1), 63-80. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/pal.v6i1.2003

Haqqu, R., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2019). Teenagers' Entertainment Satisfaction in Watching Talk Show Program through YouTube. Jurnal The Messenger, Vol.11 No.1 , 38-45.

Haradani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Faradani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hayudityas, B., & Sanoto, H. (2021). Hubungan Antara Supervisi Akademik Dengan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 105-110.

Heryanti, R. B. (2021). Implementasi Perubahan Kebijakan. Jurnal Ius Constituendum, 6(2), 120-143.

Hidayatulloh, A., & Sartini. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Love Of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akutansi. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 17(1), 28-36.

Ismanto, J., & Fitriasari, P. (2019). Pengaruh Idealisme, Relativisme, Tingkat Pengetahuan Akuntansi Dan Love Of Money Terhadap Persepsi Mahasiswa Tentang Krisis Etika Akuntan. Jurnal Akuntansi Profesi, 10(2), 66-75.

Jogiyanto. (2016). Pedoman Survei Kuesioner: Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon (2nd ed.). BPFE Yogyakarta.

Kang, H. J., Shin, J.-h., & Ponto, K. (2020). How 3D Virtual Reality Stores Can Shape Consumer Purchase Decision: The Roles of Informativeness and Playfulness. Journal of Interactive Marketing , 70-85.

Kemp, S. (2024, February 21). Digital 2024: Indonesia. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Khan, M. L. (2017). Social Media engagement: What Motives user participation and consumption on YouTube? Computer in Human Behavior, 66, 236-247. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.024.

Meiryani. (2021, August 6). Memahami Uji Normalitas Dalam Model Regresi. Binus University School of Accounting. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/06/memahami-uji-normalitas-dalam-model-regresi/

Mulyono. (2019, December 2019). Analisis Regresi Sederhana. BINUS University Business School. https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-regresi-sederhana/

Nurogo, B. A. (2024, July 18). Let's Play, Fenomena Konten Gaming dan Komunitas Online. Radio Republik Indonesia. https://www.rri.co.id/hobi/835476/let-s-play-fenomena-konten-gaming-dan-komunitas-online

Putra, I. G. (2020). Media sosial dan Interaktivitas dalam dunia public relations. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2815

Putri, M. I. (2021). Social Media Journalism: Monetisasi Berita di YouTube melalui News Vlog Packaging. Dialektika Komunika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 9(1), 64-77.

Reviandani, W. (2019). Pengaruh Pengalaman Keuangan Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Keluarga Di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Gresik. Jurnal Manajerial, 6(1), 48-57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v6i01.862

Setiawan, D. E. (2021). Signifikansi YouTube Sebagai Medium Pewartaan Injil Bagi Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 210-225.

Stellarosa, Y., Firyal, S. J., & Ikhsano, A. (2018). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sarana Transformasi Majalah Highend. LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(2), 59-68.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tham, J. C. (2018). Interactivity in an Age of Immersive Media: Seven Dimensions for Wearable Technology, Internet of Things, and Technical Communication. Technical Communication, 65(1), 46-65.

Treadwell, D., & Davis, A. (2019). Introducing Communication Research: Paths of Inquiry. California: SAGE.

Tur-Viñes, V., & González-Río, M.-J. (2020). Is Youtube being used to its full potential? Proposal for an indicator of interactivity for the top Youtuber content in Spanish. Communications, 46(4), 469-491. https://doi.org/https://doi.org/10.1515/commun-2019-0127

Wahyuni, N. (2014, November 1). Uji Validitas Dan Reliabilitas. BINUS University Quality Management Center. https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/

Yusuf, M. A., Herman, Trisnawati, Abraham, A., Rukamana, & Hardianti. (2024). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 6(2), 13331-13344.

Zay, F. P., Fitriani, & Haryono, I. (2024). Nalisis Faktor Yang Mempengaruhi Alih Fungsi Lahan. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 10(4), 456-462.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Rizkiansyah, M., Mahardika, P. H., & Berta, A. (2025). Pengaruh Interaktivitas Terhadap Interaksi Sosial Konten YouTube Windah Basudara Pada Khalayak Remaja . COMMENTATE: Journal of Communication Management, 6(1), 16–35. Retrieved from https://journal.lspr.ac.id/index.php/commentate/article/view/771