Representasi Maskulinitas pada Iklan Cetak (Analisa Semiotika Iklan Rokok Djarum Black)

Authors

  • Yoyoh Hareyah

DOI:

https://doi.org/10.37535/101004220171

Abstract

Dalam kegiatan periklanan, pengiklan haruslah selektif dalam memilih media yang akan digunakannya. Media iklan adalah sebagai sarana komunikasi yang dipakai untuk mengantarkan dan menyebarluaskan pesan-pesan iklan. Peranannya sangatlah penting yaitu sebagai alat penyampaian pesan kepada konsumen.

 

Bila berbicara mengenai iklan atau advertising kita tidak akan lepas dari makna pesan yang terkandung dalam iklan tersebut. Biasanya makna tersebut tergambar dari kata-kata dan visualisasi. Pemaknaan dalam semiotika sendiri terbagi atas dua yaitu makna denotative dan makna konotatif. Makna konotatif ialah makna denotative ditambah segala gambaran, ingatan, dan perasaan yang ditimbulkan oleh kata mawar itu. Kata kontasi itu sendiri berasal dari bahasa latin connotare, “menjadi tanda†dan mengarah kepada makna makna cultural yang terpisah dengan kata.

 

Terlepas dari itu semua, iklan media cetak perusahaan rokok besar di Indonesia yaitu Djarum Super mencoba menginterpretasikan makna dalam salah satu iklannya di majalah. Peneliti merasa tertarik untuk menginterpretasikan pemaknaan iklan tersebut. Menurut peneliti iklan ini memiliki perbedaan dari iklan kebanyakan, dimana iklan tersebut hanya memperlihatkan seorang pria saja. Tampilan iklan tersebut tidak menampilkan apapun seperti iklan iklan lainnya, iklan tersebut hanya memberikan tagline “Upgrade Your Taste†disamping pria yang kelihatan maskulin. Iklan tersebut seperti menampilkan pesan lain disamping pesan utamanya pada iklan tersebut.

 

 

Kata kunci : Representasi, Maskulinitas, Iklan Cetak, Semiotika

References

Sobur, A. Semiotika Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009

Barker, C. Cultural Studies : Teori dan Praktik. Yogyakarta : Bentang, 2005

Daryanto, Ilmu komunikasi I, Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2011

Mulyana, D. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007

Sudiana, D. Komunikasi Periklanan Cetak, Bandung : Ramadja Karya, 1986

Rachmat, J. Metode penelitian Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1998

Fiske, J. Cultural and Communication studies, Yogyakarta, Jalasutra, 1998

Pateda, M. 1987. Sosiolinguistik. Bandung : Angkasa, 2001.

Semantik Leksikal. Edisi Kedua. Jakarta : Rineka Cipta Masari Singaribuan, Metode Penelitian Survei, Jakarta, LP3ES, 1989

Kriyantono, R. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2006

Whiteside, L. R. Bahasa wajah, arcan, 1991

Tubbs, S. dan Silvia, M. Tej. Deddy Mulyana M.A (ed) , Human Communication : Prinsip – prinsip Dasar, Bandung : Rosdakarya, 2001

Jevons, T. dan Michael, B. An Introduction to Typography, New jersey, USA, Chartwall Books, inc, 1990.

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

Hareyah, Y. (2019). Representasi Maskulinitas pada Iklan Cetak (Analisa Semiotika Iklan Rokok Djarum Black). Communicare : Journal of Communication Studies, 4(2), 1–26. https://doi.org/10.37535/101004220171