Hubungan Program CSR (Corporate Social Responsibility) Mudik Lebaran Gratis terhadap Citra Perusahaan PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.
DOI:
https://doi.org/10.37535/101004220174Keywords:
CSR, Corporate Social Responsibility, Corporate Image, Citra PerusahaanAbstract
Saat ini dunia bisnis semakin berkembang, banyak perusahaan yang bersaing dalam mencari keuntungan dan melupakan tanggung jawab sosial. Maka dari itu, tidak sedikit perusahaan yang menggunakan CSR (Corporate Social Responsibility) untuk meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan program CSR (Corporate Social Responsibility) Mudik Lebaran Gratis terhadap citra PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Teori utama yang digunakan adalah teori CSR (Corporate Social Responsibility) dan teori Citra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Korelasi Pearson (Pearson’s Correlation) dengan menggunakan analisis kuantitatif, menyebarkan kuesioner kepada 100 pedagang jamu di daerah Pondok Gede, Jakarta Timur. Skala yang digunakan adalah semantik diferensial dengan tingkat kesalahan 10%. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak terdapat hubungan CSR (Corporate Social Responsibility) Mudik Lebaran Gratis terhadap Citra PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.
References
Bank Indonesia. [n.d.]. Pola Pembiyaaan Usaha Kecil (PPUK): Industri Jamu Tradisional (Pola Pembiayaan Syariah). Diperoleh dari website: http://www.bi.go.id/id/umkm/kelayakan/pola-pembiayaan/industri/Documents/6e6cbc417f0b47beb987c3573e9d646dIndustriJamuTradisionalSyariah1.pdf
Bungin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Chanafi, A., Fauzi, A., & Sunarti. (2015). Administrasi. Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan Dampaknya Pada Citra Perusahaan: Survei Pada Masyarakat Sekitar PT. Greenfields Indonesia Yang Bertempat Tinggal di RW 02 Dusun Maduarjo Desa Babadan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, 3(1), 1-7. Diperoleh dari http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4889/4497.
Effendy,O. (2006). Hubungan Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Gassing, S. S. dan Suryanto. S. (2016). Public Relations. Yogyakarta: C.V Andi.
Hojin. [n.d]. “Ribuan Pedagang Jamu Ikut Mudik Gratisâ€. Diperoleh dari website Sindo News: https://nasional.sindonews.com/read/1121195/15/ribuan-pedagang-jamu-ikut-mudik-gratis-1467359600.
Iriantara, Y. (2007). Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kriyantono, R. (2015). Public Relations, Issue & Crisis Management:Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kriyantono, R. (2012). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mardikanto, T. (2014). CSR Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
Nasrullah, A. (2015). Studia Islamika. Pengelolaan Dana Filantropi Untuk Pemberdayaan Pendidikan Anak Dhuaf: Studi Kasus pada BMH Cabang Malang Jawa Timur. 12(1), 1-18. Diperoleh dari:http://oaji.net/articles/2015/1163-1434805933.pdf.
Putra, D. (2015). Komunikasi CSR Politik: Membangun Reputasi, Etika, dan Estetika PR Politik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sido Muncul. [n.d]. CSR Besarkan Sido Muncul. Diperoleh dari website: www.sidomuncul.com Sido Muncul. [n.d]. Diperoleh dari website:http://www.sidomunculstore.com/sido-muncul.html/.
Solihin, I. (2009). Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.
Winasis, E. G. (2015). 40 Resep Dahsyat Jamu: Penakluk ASAM URAT dan DIABETES. Yogyakarta: Araska.
Widyawati. (2011). Filantropi Islam dan Kebijakan Negara Pasca Orde Baru.
Yunatan, N. C. (2016). Komunikasi. Pengaruh Corporate Social Responsibility“Alfamart Class†di SMK PGRI 3 Malang Terhadap Citra Perusahaan Alfamart, 4(1), 2-11. Diperoleh dari: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4889/4497
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Bagi artikel yang dimuat di Jurnal Communicare, berlaku aturan Hak Cipta sebagai berikut:
- Jurnal Communicare adalah pemegang hak untuk mempublikasikan artikel untuk pertama kalinya.
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karya tulis yang terbit di Jurnal Communicare, dan dapat menggunakan karyanya dengan bebas, selama tidak melanggar peraturan.
- Karya yang dimuat di Jurnal Communicare berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License