Penerapan Pengembangan Teori Technology Acceptance Model (TAM) dan Motivasi Terhadap Intensi Mahasiswa di Jakarta untuk Menggunakan Tablet
DOI:
https://doi.org/10.37535/101005120184Keywords:
technology acceptance model, persepsi kemudahaan penggunaan, persepsi manfaat, sikap, motivasi, intensi menggunakan, tablet, mahasiswa, JakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model penelitian yang dibangun berdasarkan teori-teori yang ada, dengan pertimbangan apakah model yang diajukan dapat diterapkan/di implementasikan pada penelitian-penelitian selanjutnya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 202 responden. Kemudian Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan skala Likert 6 skor/point. Data di analisis menggunakan exploratory menggunakan SPSS v23 dan confirmatory factors analysis menggunakan Amos v22. Empat dari lima hipotesis yang diajukan diterima dan selebihnya ditolak, H2 ditolak yang berarti menyimpulkan bahwa mahasiswa di Jakarta setelah memiliki persepsi kemudahan yang positif tidak langsung berdampak terhadap sikap yang possitif pula, melainkan mempengaruhi persepsi manfaat terlebih dahulu baru berdampak pada sikap dari pada peggunaan. Dan berikut hasil hipotesis, H1 memiliki nilai critical ratio 5,533 yang berarti hipotesis diterima. H2 ditolak dikarenakan skor critical ratio -,371 berarti <1,96. Selanjutnya, H3 memiliki nilai critical ratio 1,965 yang berarti hipotesis diterima. Kemudian H4 diterima dengan skor critical ratio 2,070 dan H5 diterima dengan skor 2,142 yaitu >1,96.
References
Marie Gunawan ,Seiring Meningkatnya Pembelian Tablet Enterprise, Apple Resmikan iPad Pro, http://www.teknoup.com, diakses tanggal 27 februari 2016, pukul 17:23 WIB.
Khancantanee, Suwanno, dan Jarernvongrayab, Effects of Attitude toward Using, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Perceived Compatibility on Intention to Use E-Marketing, Journal of Management Research, 2014, Vol. 6, No. 3.
O’regan dan Chan, Smartphone adoption amongst chinese youth during leisure- based tourism: Challenges and opportunities, Journal of China Tourism Research, 00: 1–17, 2015.
Kim, Kim, dan Wachter, A study of mobile user engagement (MoEN): Engagement motivations, perceived value, satisfaction, and continued engagement intention.
Omigie, Zo dan Rho, User acceptanceof mobile broadband in Nigeria, Information and Knowledge Management, Vol.5, No.7, 2015
Raman dan Krishnasamy, Skype in the English language, International Journal of Humanities and Social Science Research, Volume 1; Issue 2; December 2015; Page No. 38-42
Gayar, Moran, dan Hawkes, Students’ Acceptance of Tablet PCs and Implications for Educational Institutions, Institutions. Educational Technology & Society, 14 (2), 58– 70.
Kanchantanee, Suwanno, dan Jarenvongrayeb, loc.cit. hal.4
Praveena dan Thomas, Continuance to use facebook: A study of Perceived enjoyment and TAM, Bonfring International Journal of Industrial Engineering and Management Science, Vol. 4, No. 1, February 2014
Khanh dan Gim, Factors influencing mobile-learning adoption intention: an empirical
investigation in high education, Journal of Social Sciences 10 (2): 51-62, 2014
Nawaz dan Thelijjagoda, Sri Lankan Citizens’ Use Behaviour towards E-Government Services, European Journal of Business and Management, Vol.7, No.8, 2015
Juniwati, Influence of perceived usefulness, ease of use, risk on attitude and intention to shop online, European Journal of Business and Management, Vol.6, No.27, 2014
Praveena dan Thomas, Loc.cit. hal.6
Kim, A study on adoption factors of korean smartphone users: a focus on TAM (technology acceptence model) and UTAUT (unified theory of acceptence and use of technology), Advanced Science and Technology Letters Vol.57 (Business 2014), pp.27-30
Park, An analysis the technology acceptence model in understanding university student’ behavioral intention to use e-learning, Educational Technology & Society, 12 (3), 150–162.
Management association, Information research, Loc.cit Mahmood, loc.cit, h 66.
Rathore dan Panwar, Capturing, analyzing, and managing word-of-mouth in the digital marketplace, (USA: IGI Global, 2014), h 217.
Jhon C. Mowen dan Michael Minor, perilaku konsumen edisi 5, (Jakarta:Erlangga), 2002, h 322.
J. Paul Peter dan Jerry C. Olson, Loc.cit, h 130.
Jhon C. Mowen dan Michael Minor, loc.cit. h 205.
Hung, Wong, Cho, Ubiquitous commerce for creating the personalized marketplace, (United State: IGI Global, 2009), h 59.
Bahri dan Zamzam, Model penelitian kuantitatif berbasis SEM-AMOS, (Yogyakarta-Deepublish, 2014), h 5.
Malhotra, Riset Pemasaran, (Jakarta: PT. Indeks.2009),
Chris Gwinner, infosurv paper 5 point likert vs 6 point likert, www.infosurv.com, diakses tanggal 15 april 2016, pukul 15:28 WIB.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2013), p.323
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Bagi artikel yang dimuat di Jurnal Communicare, berlaku aturan Hak Cipta sebagai berikut:
- Jurnal Communicare adalah pemegang hak untuk mempublikasikan artikel untuk pertama kalinya.
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karya tulis yang terbit di Jurnal Communicare, dan dapat menggunakan karyanya dengan bebas, selama tidak melanggar peraturan.
- Karya yang dimuat di Jurnal Communicare berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License