Penerapan Pengembangan Teori Technology Acceptance Model (TAM) dan Motivasi Terhadap Intensi Mahasiswa di Jakarta untuk Menggunakan Tablet
DOI:
https://doi.org/10.37535/101005120184Keywords:
technology acceptance model, persepsi kemudahaan penggunaan, persepsi manfaat, sikap, motivasi, intensi menggunakan, tablet, mahasiswa, JakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model penelitian yang dibangun berdasarkan teori-teori yang ada, dengan pertimbangan apakah model yang diajukan dapat diterapkan/di implementasikan pada penelitian-penelitian selanjutnya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 202 responden. Kemudian Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan skala Likert 6 skor/point. Data di analisis menggunakan exploratory menggunakan SPSS v23 dan confirmatory factors analysis menggunakan Amos v22. Empat dari lima hipotesis yang diajukan diterima dan selebihnya ditolak, H2 ditolak yang berarti menyimpulkan bahwa mahasiswa di Jakarta setelah memiliki persepsi kemudahan yang positif tidak langsung berdampak terhadap sikap yang possitif pula, melainkan mempengaruhi persepsi manfaat terlebih dahulu baru berdampak pada sikap dari pada peggunaan. Dan berikut hasil hipotesis, H1 memiliki nilai critical ratio 5,533 yang berarti hipotesis diterima. H2 ditolak dikarenakan skor critical ratio -,371 berarti <1,96. Selanjutnya, H3 memiliki nilai critical ratio 1,965 yang berarti hipotesis diterima. Kemudian H4 diterima dengan skor critical ratio 2,070 dan H5 diterima dengan skor 2,142 yaitu >1,96.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Bagi artikel yang dimuat di Jurnal Communicare, berlaku aturan Hak Cipta sebagai berikut:
- Jurnal Communicare adalah pemegang hak untuk mempublikasikan artikel untuk pertama kalinya.
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karya tulis yang terbit di Jurnal Communicare, dan dapat menggunakan karyanya dengan bebas, selama tidak melanggar peraturan.
- Karya yang dimuat di Jurnal Communicare berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License











