Impression Management Citilink Indonesia Melalui Penerapan Crew Resource Management (CRM)

Authors

  • Gilang Gama Dharmawan Universitas Gunadarma
  • Dinda Rakhma Fitriani Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.37535/101006220195

Keywords:

impression management, crew resources management, citilink indonesia

Abstract

Sebagai salah satu maskapai berbiaya hemat (low cost carrier) di Indonesia, Citilink Indonesia hadir dengan kemasan unik disetiap penerbangannya melalui konsep young, fun and dynamic yang khususnya direpresentasikan para awak kabin mereka. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis penerapan crew resources management oleh Citilink Indonesia dalam kaitannya dengan impression management yang dilakukan oleh awak kabin Citilink Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan analisis konsep impression management pada crew resources management dalam komunikasi organisasi dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus dan menggunakan paradigma interpretif dalam memandang permasalahan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah didapatkan, peneliti menemukan bahwa awak kabin Citilink Indonesia melakukan impression management atau pengelolaan kesan dengan menjadikan crew resources management sebagai sebuah pedoman, yang dimana hal ini terlihat melalui cara mereka dalam merepresentasikan diri dengan mengikuti kebijakan serta aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang  meliputi berbagai aspek seperti performance, communication skill, knowledge, poise and grace(attitude), problem solving, team work dan decision making atau pengambilan keputusan agar dapat memberikan kepuasan terhadap safety, security dan service kepada penumpang. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penerapan Crew Resources Management merupakan sebuah langkah pembentukan kesan yang dilakukan Citilink Indonesia terhadap awak kabinnya untuk dapat merepresentasikan perusahaan dengan baik melalui serangkaian tahap persiapan secara matang guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan yang diakibatkan oleh human error.

 

References

Alim, C. A. (2014). Impression Management Agnes Monica Melalui Akun Instagram (@ agnezmo). Jurnal e-Komunikasi, 2(3).

Arni, M. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Chariri, A., & Imam, G. (2007). Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Citilink. (2009). Operational Manual Book Part A. Tangerang.

Citilink.co.id. (2019). https://www.Citilink.co.id/company-profile Diakses pada Tanggal 24 Agustus 2019 Pukul. 02.21 WIB

Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. United States of America: Doubleday Ancho Books.

Goldhaber, G. M. (1986). Organizational Communication. Wisconsin: Brown & Benchmark.

Gross, B. (2014). Crew Resource Management – A Concept for Teams in Critical Situations. Proceedings of 5th International Conference on Integrated Natural Disaster Management At: Tehran

Gwal, R. (2015). Tactics of Impression Management: Relative Succes on Workplace Relationship. International Journal of Indian Psychology, 2(2)

KBBI. (2019). https://kbbi.kata.web.id/awak-kabin/ Diakses pada Tanggal 21 Agustus 2019 Pukul. 11.55 WIB

Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. (2016). Civil Aviation Safety Regulation (CASR). Jakarta: Indeks.

Logload.id. (2018). Citilink Indonesia catatkan kinerja positif sepanjang 2018 ,https://logload.id/bisnis/Citilink-indonesia-catatkan-kinerja-positif-sepanjang-2018/ Diakses pada Tanggal 21 Maret 2019 Pukul. 09.41 WIB

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satrio, M. N. (2017). Taktik Impression Management Sandiaga Uno Melalui Akun Instagram @sandiuno. Jurnal E-Komunikasi.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyu Irara, (2014). Impression Management pada akun twitter @sudjiwotedjo. Jurnal E-Komunikasi.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT. Gasindo.

Downloads

Published

2020-06-13

How to Cite

Dharmawan, G. G., & Fitriani, D. R. (2020). Impression Management Citilink Indonesia Melalui Penerapan Crew Resource Management (CRM). Communicare : Journal of Communication Studies, 6(2), 177–189. https://doi.org/10.37535/101006220195