Efek Terpaan Video Iklan TV pada Citra Merek Platform E-commerce

Authors

  • Dessy Chatarina
  • Stephanny Lianardo

DOI:

https://doi.org/10.37535/104001120214

Keywords:

terpaan iklan, iklan televisi, e-commerce, citra merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh terpaan iklan terhadap citra merek Shopee melalui iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day Cristiano Ronaldo. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang responden yang pernah menonton iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day Cristiano Ronaldo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan iklan lebih berpengaruh positif terhadap citra merek Shopee melalui iklan Shopee Super Shopping Day 9.9 Cristiano Ronaldo kepada konsumen pria yang menunjukkan bahwa Shopee telah berhasil lepas dari citra platform yang identik dengan perempuan. PT. Shopee Internasional Indonesia perlu mempertahankan dan mengembangkan periklanan mereka untuk membentuk ketertarikan konsumen yang akan berdampak pada citra merek Shopee.

References

Adrian, S. W., & Nurhayati, I. K. (2018). Pengaruh Terpaan Iklan Youtube Ramayana Ramadan 2017 Versi Bahagianya adalah Bahagiaku Terhadap Citra Merek. e-Proceedings of Management, 5(1), 1474-1480.

Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya dengan SPSS dan Excel. IAIT Press.

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk penelitian dan skripsi. Elex Media Komputindo.

Batra, R., Myers, J. G., & Aaker, D. A. (2006). Advertising Management (5th ed.). Pearson Education India.

Cicilia, M. (2019, Oktober 17). Ronaldo sukses mendongkrak penjualan Shopee. ANTARA News. https://kalteng.antaranews.com/berita/348768/ronaldo-sukses-mendongkrak-penjualan-shopee

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran produk dan merek (planning & strategy). Penerbit Qiara Media.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

iPrice Insight. (2019, July). Peta E‑Commerce Indonesia [Data Sets]. iPrice. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Indonesia [Data Sets]. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Nurbani, P. A. (2016). Pengaruh Terpaaan Iklan E-Commerce Bukalapak di Televisi Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Publication No. 32382) [Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Deepublish.

Pratama, V.A., & Malau, R. M. U. (2019). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Shopee Versi Birthday Sale 12.12 Blackpink Terhadap Citra Merek (Publication No. 19.04.4988) [Skripsi Sarjana, Universitas Telkom]. Telkom Open Library.

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS (3rd ed.). CV. WADE GROUP.

Raharjo, S. (2019, Januari 4). Cara melakukan Uji Validitas Product Moment dengan SPSS. SPSS Indonesia. https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-momen-spss.html

Reza, J. I. (2015, Desember 01). Shopee, aplikasi belanja online c2c meluncur di Indonesia. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/tekno/read/2379136/Shopee-aplikasi-belanja-online-c2c-meluncur-di- indonesia

Rita. (2018, Maret 27). Brand Image. BINUS Higher Education. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/03/27/brand-image/

Sari, P. S. (2019, Agustus 14). Gantikan BLACKPINK, Cristiano Ronaldo Jadi Brand Ambassador Shopee. iNews.id. https://www.inews.id/lifestyle/seleb/gantikan-blackpink-christiano-ronaldo-jadi-brand-ambassador-shopee

Setiawan, N. (2005). Teknik sampling. Inspektorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/teknik_sampling1.pdf

Simamora, B. (2002). Aura Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soenarso, S. A. (2019, April 05). Shopee jadi brand favorit wanita. Kontan.co.id https://amp.kontan.co.id/news/Shopee-jadi-brand-favorit-wanita

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Deepublish.

Tashandra, N. (2018, Maret 22). 80 Persen Konsumen Belanja Online Orang Muda dan Wanita. Kompas.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/22/155001820/80-persen-konsumen-belanja-online-orang-muda-dan-wanita?page=all

Top Brand Award. (2020). TOP BRAND INDEX FASE 2 2020 [Data Sets]. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_index=Top%20Brand&tbi_year=2020

Triwijarnako, R. (2019, September 02). Shopee buka suara soal dampak iklan Cristiano Ronaldo. Marketeers.com. https://marketeers.com/shopee-buka-suara-soal-dampak-iklan-cristiano-ronaldo

Widowati, H. (2019, April 25). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan E- Commerce Tercepat di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/25/indonesia-jadi-negara-dengan-pertumbuhan-e-commerce-tercepat-di-dunia

Downloads

Published

2021-06-21

How to Cite

Chatarina, D., & Lianardo, S. (2021). Efek Terpaan Video Iklan TV pada Citra Merek Platform E-commerce. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 47–61. https://doi.org/10.37535/104001120214