Kampanye Marketing Public Relations BeBASEkspresi Mengenai Perubahan Stigma Standar Kecantikan Perempuan Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.37535/104001220211Keywords:
Marketing Public Relations, Strategi Kampanye, Stigma, Standar Kecantikan, BaseAbstract
Standar kecantikan masih menjadi ancaman secara psikologis bagi banyak wanita dimulai dari remaja hingga dewasa. Seiring dengan tersebarnya keragaman, keunikan dan pesona perempuan Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, stigma dan cara pandang kecantikan menjadi tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kesadaran, mengubah pandangan, mengedukasi para pembaca tentang pentingnya konsep Marketing Public Relations pada kegiatan Kampanye BeBASEkspresi dari brand Base terhadap pandangan publik pada standar kecantikan di Indonesia, serta mengetahui dampak yang akan ditimbulkan dari kampanye ini, baik dampak positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) dengan informan internal, eksternal, serta studi kepustakaan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa antusias masyarakat dalam kampanye ini sangat besar, hal ini dilihat dari partisipasi serta feedback masyarakat dalam kampanye tersebut. Meskipun kampanye hanya dapat dilakukan secara online, hal ini tidak menjadi penghambat Base untuk semangat memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang standar kecantikan wanita di Indonesia. Dengan kampanye ini diharapkan para perempuan tidak perlu merasa khawatir pada stigma atau perspektif tentang kecantikan, dengan segala yang dimilikinya diharapkan para perempuan di Indonesia juga bisa mengembangkan rasa percaya diri untuk mengekspresikan dirinya.
References
Debby, B. (2021, Juli 21). Perbedaanku Menjadi Alasan Perjuanganku. Kumparan. https://kumparan.com/brigitta-debby/perbedaanku-menjadi-alasan-perjuanganku- 1wD1HjltGwW/full
Dewi, V. R., & Winduwati, S. (2019). Kampanye Tubuh Positif Perempuan “Real People Real Body” oleh @Nipplets_official. Prologia, 3(2), 327-333. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6352
Dimara, G.Y., & Sari, K.I. (2018, Agustus 21). Dianggap Jadi Standar Kecantikan, Apakah Cantik harus Berkulit Putih?. Kumparan. https://kumparan.com/kumparanstyle/dianggap-jadi-standar-kecantikan-apakah- cantik-harus-berkulit-putih-1534844098145105859
Gregory, A. (2015). Planning and Managing Public Relations Campaign – A Strategic Approach. United Kingdom: Kogan Page
Harris, T. L., & Whalen, P. T. (2006). The Marketer's Guide to Public Relations in the 21st Century. USA: Thomson Higher Education
Karina, M. (Komunikasi Pribadi, 5 Mei, 2021).
Khoerunnisa, R., Abidin, Y. Z., & Ma'arif, A. A. (2018). Aktivitas Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 3(4), 59-77. http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/view/453
Leeuwen, C.S. (Komunikasi Pribadi, 25 Januari 2021).
Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Riani. A. (2020, Agustus 21). Kampanye Bersama untuk Mendobrak Standar Kecantikan.
Liputan 6. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4341468/kampanye-bersama- untuk-mendobrak-standar- kecantikan?utm_source=headtopics&utm_medium=news&utm_camp aign=2020-08- 28
Ruslan, Rosady. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sari., E., W., Johana Brigitha Mone, Rahmat Edi Irawan, Muhamad Aras. 2021. Challenges of Sustainability in Radio Broadcasting Towards a Media Convergence Era by Marketing Public Relations Activities to Create Awareness of Prambors Radio in Indonesia
Sutriyanto. E. (2020, 8 Juli). Ketika Standar Kecantikan Tidak Lagi Diukur dari Kulit Putih, Rambut Panjang, dan Badan Langsing. Tribun Lifestyle. https://www.tribunnews.com/lifestyle/2020/07/08/ketika-standar-kecantikan-tidak- lagi-diukur-dari-kulit-putih-rambut-panjang-dan-badan-langsing
Suyanto, B., & Sutinah. (2011). Metode Penelitian Sosial – Berbagai Alternatif Pendekatan Edisi Revisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.