Perencanaan Rumah Makan Vegetarian Ala Chinese Food di Kota Bekasi, Jawa Barat

Authors

  • Marfel Gideon Pangemanan Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Mohamad Alppy Valdez

DOI:

https://doi.org/10.37535/104002220225

Keywords:

Business Model Canvas, Kewiraswastaan, Restoran

Abstract

Restoran adalah salah satu bisnis paling populer di Indonesia. Khusus di wilayah Bekasi, Jawa Barat, data perkembangan bisnis restoran menunjukkan angka yang tinggi di wilayah tersebut. Selain itu, jumlah penduduk di kota Bekasi sudah mencapai 3,6 juta jiwa. Hal ini menjadi peluang bagi seorang pengusaha untuk membangun bisnis restoran. Untuk menciptakan nilai jual yang unik pada sebuah restoran, seorang pengusaha dapat membentuk restoran vegetarian dengan masakan khas China, karena banyak artikel berita yang mengatakan bahwa tren makanan sehat semakin populer. Rencana ini dibuat dengan tujuan utama memperjelas langkah awal pengusaha dalam membuat rencana bisnis restoran. Rencana tersebut menggunakan Business Model Canvas sebagai dasar pembuatan model bisnis yang mencakup perhitungan arus kas, resep makanan terperinci, dan desain restoran, serta model untuk mencapai titik impas modal. Hasil dari rencana ini adalah suatu bisnis model yang dapat dijadikan sebagai referensi atau diterapkan secara nyata.

References

Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar kewirausahaan: Rekayasa akademik melahirkan enterpreneurship. Perdana Publishing.

Jabar Open Data. (2021, Oktober 1). Jumlah Restoran Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat (2014-2020) [Datasets]. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-restoran-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat

Kusnandar, V. B. (2021, September 9). Jumlah Penduduk Kota Bekasi 2,54 Juta Jiwa pada 2020. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/09/jumlah-penduduk-kota-bekasi-254-juta-jiwa-pada-2020

Mantalean, V. (2019, Januari 28). Kenapa Makanan Cina Mudah Diterima Orang Indonesia? Kompas.com. https://travel.kompas.com/read/2019/01/28/080600327/kenapa-makanan-china-mudah-diterima-orang-indonesia.

Marsum, A. W. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya (Edisi ke-4). Andi.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers (Vol. 1). John Wiley & Sons.

Priherdityo, E. (2016, September 9). Survei: Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Makanan Sehat. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160909050532-255-157172/survei-masyarakat-indonesia-mulai-sadar-makanan-sehat.

Rangkuti, F. (2016). ANALISIS SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT Gramedia Pustaka Utama.

Soegoto, E. S. (2014). Entrepreneurship Menjadi Pebisnis Ulung (Vol. 4, Edisi ke-2). PT Elex Media Komputindo.

Soekresno. (2000). Manajemen Food & Beverage Service Hotel: Buku Panduan Sekolah Pariwisata dan Manager Restoran. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Pangemanan, M. G., & Valdez, M. A. (2022). Perencanaan Rumah Makan Vegetarian Ala Chinese Food di Kota Bekasi, Jawa Barat. Journal of Research on Business and Tourism, 2(2), 134–142. https://doi.org/10.37535/104002220225