Penerapan Design Thinking dalam Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Jahe Cap Maher

Authors

  • Maulida Fitria
  • Ariel Triwendy Pandin
  • Avissa Shabrina
  • Dayanara Frischawati Gunawan Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR
  • Wietnov Tri Prianka
  • Heru Gunadi

DOI:

https://doi.org/10.37535/104003120231

Keywords:

design thinking, diversifikasi produk, digital marketing, UMKM

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain thinking guna memahami permasalahan dan menemukan solusi yang tepat bagi kinerja UMKM.  Jahe Cap Maher merupakan UMKM yang didirikan oleh Mawi pada tahun 2020 di Kelurahan Jatirangga. Permasalahan utama yang dialami UMKM Jahe Cap Maher adalah permintaan pasar yang fluktuatif sehingga berimplikasi pada keterbatasan dalam proses produksi, hal ini disebabkan karena target konsumen yang sempit di umur 35-50 tahun dan promosi yang digunakan terbatas Word of Mouth. Solusi yang dilakukan untuk permasalahan tersebut adalah melalui program diversifikasi produk Jahe Cap Maher guna menyasar target konsumen milenial. Metode pengumpulan data melalui wawancara kepada narasumber.  Pada tahap empathize, data dikumpulkan melalui wawancara kepada pemilik UMKM Jahe Maher. Pada tahap define teridentifikasi permasalahan dan penerapan diversifikasi produk dan digital marketing menjadi solusi atas permasalahan pada UMKM Jahe Cap Maher. Pada tahap prototype produk dibuat dalam kemasan sanchet sekali minum yang berisi 15 gram per sachet berwarna merah dan dikemas kembali dalam kotak sehingga dapat menjangkau target pasar generasi milenial. Selain itu, dilakukan diversifikasi produk baru berupa olahan jahe dan temulawak yang juga dikemas dalam bentuk sanchet sekali minum berwarna kuning. Prototype kedua adalah video produk Jahe Cap Maher yang dapat digunakan oleh UMKM Jahe Cap Maher dalam strategi digital marketing. Pada tahap testing, diketahui jika penjualan Jahe Cap Maher mengalami peningkatan yang signifikan karena diversifikasi produk dan penerapan digital marketing.

References

Anggi, (2020, September 29). Tokopedia Punya 4 Kelebihan Untuk Berjualan. Kumparan. https://kumparan.com/berita-update/tokopedia-punya-4-kelebihan-untuk-berjualan-1uILBvoMQyi/full

Armstrong, G & Kotler, P. (2013). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1 (A. Sindoro & B. Molan trans.). Prenhalindo.

Clow, K. E., & Baack, D. (2022). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communication (9th ed.). Pearson Education.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

De Paula, D., Dobrigkeit, F., & Cormican, K. (2019). Doing it Right - Critical Success Factors for Design Thinking Implementation. Proceedings of the Design Society International Conference on Engineering Design, 1(1), 3851-3860. http://doi.org/10.1017/dsi.2019.392

Fajrin, Z. (2021, October 21). Ini Alasan Tokopedia Jadi E-commerce Populer Menurut MarkPlus. Nextren. https://nextren.grid.id/read/012953036/ini-alasan-tokopedia-jadi-e-commerce-populer-menurut-markplus?page=all

Fatihudin, D. & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa : (Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Madanih, R., Susandi, M., & Zhafira, A. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Usaha Pengembangan Budidaya Ikan Lele Di Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Journal of Business and Entrepreneurship, 2(1), 55-64.

Razzouk, R. & Shute, V., J. (2012). What Is Desain Thinking and Why Is It Important? Review of Education Research, 82(3), 330-348. https://doi.org/10.3102/0034654312457429

Rianty, M., & Rahayu, P. F. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19. Akuntansi dan Manajemen. 16(2), 153-167. https://doi.org/10.30630/jam.v16i2.159

Rizaty, M. A. (2022, December 27). 20,76 juta UMKM di Indonesia Masuk Ekosistem Digital pada 2022. dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/bursa-keuangan/detail/2076-juta-umkm-di-indonesia-masuk-ekosistem-digital-pada-2022

Pasaribu, M., & Widjaja, A. (2020). Strategi & Transformasi Digital: Perspektif Manajemen Strategis. Kepustakaan Populer Gramedia.

Prastyabudi, W. A., Yuda, A. E., Fauzi, M. D., & Nurdin, A. (2022). Strengthening MSMEs crafting soft skills through the implementation of system thinking business model innovation. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(2), 230-241. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i2.6815

Purwanti, T. (2023, February, 9). 15 Tahun Sukses Bangun Tokopedia, William Kini Fokus ke GoTo. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20230209145552-17-412478/15-tahun-sukses-bangun-tokopedia-william-kini-fokus-ke-goto

Ruliana, P. & Lestari, P. (2019). Teori Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.

Tjiptono F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran Strategik. Andi Offset.

Pradana, A. R., & Idris, M. (2021). Implementasi User Experience Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking. Automata, 2(2).

Saputra, D., & Kania, R. (2022). Implementasi Desain Thinking untuk User Experience Pada Penggunaan Aplikasi Digital. Prosiding The 13th Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS), 13(1), 1174-1178.

Yulius, Y., & Putra, P. (2021). Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 6(2), 111-116. https://doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720

Argawan, B., Halim, B., Wijaya, J., Ekaputri, K., Aditia, K., C., Prasetya, N., R., Candra, T., & Yuliati, R. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing Channel dalam Upaya Memperluas Pemasaran Produk Jahe Merah Instan Sarongge. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1 (1), 187-203. https://doi.org/10.21632/jpmi.1.1.187-203

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fitria, M., Pandin, A. T., Shabrina, A., Gunawan, D. F., Prianka, W. T., & Gunadi, H. (2023). Penerapan Design Thinking dalam Perancangan Strategi Pemasaran UMKM Jahe Cap Maher. Journal of Research on Business and Tourism, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.37535/104003120231