Pengembangan Desa Wisata Berbasis Website dan E-Brochure Di Kampung Wisata Edukatif Warungboto D.I. Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.37535/104004220245Keywords:
Pariwisata, desa wisata, websiteAbstract
Pariwisata merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan secara berulang oleh wisatawan. Adapun kegiatan tersebut dapat mendukung perekonomian masyarakat sekitar melalui Community Based Tourism (CBT). Dalam kegiatan tersebut, yang menjadi salah satu lokasi wisatanya adalah desa wisata Warungboto yang telah memiliki Instagram aktif namun hanya menggunakan Link Tree sebagai tempat untuk menampung informasi. Selain Instagram, desa wisata tersebut juga menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi dengan wisatawan. Adapun tujuannya adalah mengidentifikasi kebutuhan sebagai dasar pembuatan website dan e-brochure yang dapat menjadi suatu daya tarik bagi wisatwan. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi secara langsung di lokasi penelitian. Hasilnya adalah website yang dapat digunakan dalam promosi desa wisata secara lebih luas dan mudah untuk diakses oleh siapapun. Dari hal itu, semua informasi bisa tertampung di satu tempat yakni website yang di dalamnya juga terdapat brosur yang berisikan paket wisata, selain itu juga bisa lebih menarik wisatawan domestik dan mancanegara.
References
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Hasbi, I. (2021). Karakteristik Produk Wisata. In N. Rismawati (Ed.), Pengantar Pariwisata (pp. 149-160). Penerbit Widina.
Iskandar, A. (2024). Pengembangan desa wisata berbasis masyarakat. Pustaka Abadi.
Kurniawan, M. (2024). Pariwisata berkelanjutan: Perspektif ekonomi dan sosial. Penerbit Grafindo.
Maharani, S. (2022). Pengembangan industri pariwisata di Indonesia. Alfabeta.
Permana, D. (2023). Desa wisata sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Pustaka Ilmu.
Putra, D. (2023). Pengembangan website sebagai media promosi desa wisata. Pustaka Mandiri.
Santika, L. (2024). Strategi pemasaran digital untuk desa wisata. Andi Publisher.
Santoso, R. (2023). Pariwisata dan budaya: Dampak dan peluang. Pustaka Pelajar.
Suwarno, T. (2022). Ekowisata dalam pengembangan desa wisata. Mandiri Press.
Suryanto, B. (2023). Ebrochure dalam pemasaran pariwisata desa. Penerbit Harapan.
Suwena, I. K, & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan.
Tari, M. (2023). Inovasi digital untuk pengembangan desa wisata. Pustaka Pelajar.
Wahyu, D. (2024). Desain dan pengelolaan ebrochure desa wisata. Mandiri Press.
Widodo, S. (2023). Peran teknologi dalam pengembangan desa wisata. Alfabeta.
World Tourism Organization (WTO). (2021). Tourism and sustainable development. UNWTO. https://www.unwto.org/sustainable-development