Pengembangan Keterampilan Komunikasi Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.37535/102003120212Keywords:
komunikasi efektif, ketrampilan, masalah komunikasiAbstract
Berkomunikasi sering dianggap sesuatu yang simpel, sederhana dan tidak memerlukan suatu keterampilan khusus. Namun berbagai macam masalah komunikasi kerap kali muncul, mulai pada tataran makro di pemerintahan, di korporasi sampai pada level mikro di kehidupan sehari-hari. Berbagai masalah komunikasi sangat penting untuk dipahami lebih dalam agar pada sisi yang lain terus meningkatkan keterampilan berkomunikasi sehingga proses komunikasi berjalan dengan efektif. Terwujudnya komunikasi yang efektif tentu memerlukan ketrampilan komunikasi, salah satunya adalah untuk karier seseorang di segala bidang pekerjaan. Seseorang diharapkan dapat bekerjasama secara efektif dengan orang lain, menyajikan gagasan secara efektif dan lain sebagainya. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM adalah dengan melakukan penyuluhan dengan pihak mitra dengan peserta dari siswa-siswi sekolah menengah kejuruan. Penyuluhan dilakukan secara virtual di tengah pandemic covid 19 dengan mengedepankan simulasi atau roleplay pasa peserta. Penyuluhan ini menunjukkan adanya antusianisme peserta dan juga peningkatan keterampilan berkomunikasi efektif sehingga dapat disarankan untuk dilanjutkan
Kata Kunci: komunikasi efektif, ketrampilan, masalah komunikasi
References
Admin. (19 Mei 2020). Sejarah SMK Tarakanita. Diakses dari http://smk-jkt.tarakanita.sch.id/page/sejarah-sekolah
Devito, J.A. (2015). The Interpersonal Communication Book. Fourteenth Edition. Harlow Inggris: Pearson Education Limited.
Fourianalistyawati, E. (2012). Komunikasi Yang Relevan dan Efektif Antara Dokter dan Pasien. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 82-87. doi:https://doi.org/10.24854/jps.v1i1.37
Kemdikbud. (2019). Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Diakses dari http://smk.kemdikbud.go.id/konten/4125/standar-nasional-pendidikan-smk-dan-mak
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Predana Media Group
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Putra, N. (2016). Karakteristik Komunikator Efektif dalam Komunikasi Antar Pribadi. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/331802050_Karakteristik_Komunikator_Efektif_dalam_Komunikasi_Antar_Pribadi
Utaminingtyas, R.R.B. (2019). Pengembangan Aspek Non Verbal Perilaku Asertif Dengan Assertive Training. Jurnal Admisi dan Bisnis. Vol. 20 No. 2. Hal. 117-126. DOI: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v20i2.1649
Wood, J.T. (2013). Komunikasi Interpersonal: Interkasi Keseharian. Edisi 6. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Yusuf. S. (2020). Hambatan Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Gadjah Mada Angkatan 2019). Komunikologi Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial. Vol. 4 No.1, 39-52 DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.6745
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Bagi artikel yang dimuat di Jurnal of Servite, berlaku aturan Hak Cipta sebagai berikut:
- Jurnal of Servite adalah pemegang hak untuk mempublikasikan artikel untuk pertama kalinya.
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karya tulis yang terbit di Jurnal of Servite, dan dapat menggunakan karyanya dengan bebas, selama tidak melanggar peraturan.
- Karya yang dimuat di Jurnal of Servite berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License. Keterangan lebih lanjut silahkan mengakses bagian Open Access Policy.