Video Interaktif Batik Kota Bekasi untuk meningkatkan Awareness Batik dan Promosi Budaya Bekasi

Authors

  • Lamria Raya Fitriyani LSPR Institute of Communication & Business, Jakarta, Indonesia
  • Dewi Rachmawati LSPR Institute of Communication & Business, Jakarta, Indonesia
  • Yesi Pandu Pratama Wibowo DC Wibowo DC LSPR Institute of Communication & Business, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37535/102006220242

Keywords:

video interaktif;, batik kota bekasi, awareness, promosi budaya

Abstract

Batik Bekasi merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan, namun situasinya saat ini awareness pada Batik Kota Bekasi belum maksimal dikarenakan belum menggunakan media digital dalam mempromosikan Batik. Kota Bekasi memiliki Komunitas Batik Kota Bekasi (KOMBAS) yang merupakan wadah para pengrajin dan pengusaha UMKM Batik untuk mengembangkan Batik dan meningkatkan perekonomian. Urgensi dari permasalahan mitra adalah belum adanya penggunaan media digital yang bisa digunakan dalam mempromosikan dan mengedukasi masyarakat mengenai batik. Kegiatan pengabdian masyarakat yang digunakan adalah melalui pembuatan video interaktif yang digunakan pada monitor Kiosk dan juga media sosial Youtube dengan melalui tiga tahapan produksi yaitu pra-produksi, produksi dan tahapan pasca-produksi. Hasil evaluasi dari pembuatan video interaktif pada viewers yang terdapat pada Monitor Kiosk sebanyak 481 viewers dan pada media sosial Youtube sebanyak 126 viewers. Melalui pembuatan dari video interaktif ini bisa meningkatkan awareness batik dan promosi budaya Bekasi karena video interaktif yang dimasukkan dalam Monitor Kiosk dan juga Media Sosial Youtube terus dilanjutkan untuk digunakan oleh mitra dalam berbagai pameran batik. 

References

Dewi, F, R. (2022). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi Batik Seratan Kleco. Jurnal Asosiatif. 1(1). Diperoleh dari https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JATIV/article/view/749

Lutfiana, A, F., Hidayah, L. (2022). Proses Produksi dalam Pembuatan Konten Tutorial Make Up di TV9 Nusantara Surabaya. An-Nashiha: Journal of Broadcasting and Islamic Communication Studies. 2(2). Diperoleh dari https://ejournal.insud.ac.id/index.php/an-nashiha/article/view/292

Panggabean, A, D. (2024). Ini Data Statistik Penggunaan Media Sosial Masyarakat Indonesia Tahun 2024. RRI. Diperoleh dari https://www.rri.co.id/iptek/721570/ini-data-statistik-penggunaan-media-sosial-masyarakat-indonesia-tahun-2024

Panegak, M, S., Kusumandyoko, T, C. (2021). Perancangan Video Promosi Batik Desa Sendangduwur Kabupaten Lamongan. Jurnal Barik. 2(3). Diperoleh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42326

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT. PT Gramedia Pustaka Utama

Szarkowska, A., Ragni, V., Szkriba, S., Black, S., Orrego-Carmona, D., & Kruger, J. L. (2024). Watching subtitled videos with the sound off affects viewers’ comprehension, cognitive load, immersion, enjoyment, and gaze patterns: A mixed-methods eye-tracking study. PLoS One, 19(10), e0306251.

Takdir, M., Hosnan, M. (2021). Revitalisasi Kesenian Batik sebagai Destinasi Wisata Berbasis Budaya dan Agama: Peran Generasi Muda dalam Mempromosikan Kesenian Batik di Pamekasan Madura. Mudra Jurnal Seni Budaya. 36(3). Diperoleh dari https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/1284

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Fitriyani, L. R., Rachmawati, D., & Wibowo DC, Y. P. P. W. D. (2025). Video Interaktif Batik Kota Bekasi untuk meningkatkan Awareness Batik dan Promosi Budaya Bekasi. Journal of Servite, 6(2), 85–96. https://doi.org/10.37535/102006220242