Kegiatan Media Relations Mayapada Healthcare Group dalam Membentuk Citra Mayapada Hospital

Authors

  • Rahma Nurrani Annisa
  • Gracia Rachmi Adiarsi

DOI:

https://doi.org/10.37535/101004220176

Keywords:

media relations, citra, rumah sakit

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi kesehatan seperti institusi lainnya yang melakukan hubungan dengan media (media relations). Mayapada Healthcare Group merupakan salah satu kelompok yang menangani beberapa rumahsakit Mayapada melakukan hubungan dengan media guna membantu pembentukan citra yang diharapkan (wish images) pihak institusi tersebut. Divisi Public Relations grup Mayapada Health Care baru melaksanakan hubungan dengan media (media relations) selama kurun waktu 1 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan pelaksanaan kegiatan hubungan dengan media (media relations) Mayapada Healthcare Group dalam usahanya membentuk citra Mayapada Hospital. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah hubungan media dan citra. Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan kualtitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview) kepada nara sumber. Hasil penelitian menggambarkan bahwa hasil dari hubungan dengan media (media relations) membentuk citra  sesuai harapan Mayapada Hospital, yaitu sebagai rumah sakit yang memiliki satu kesatuan  yang baik dan saling melengkapi, dilihat dari faktor identitas fisik, identitas non fisik, kualitas hasil, mutu dan pelayanan, dan aktivitas dan pola hubungan berdasarkan  pemberitaan mengenai Mayapada Hospital.

References

Azizah, N. (2015). Mayapada Ekspansi 5 Rumah Sakit. Beritasatu.com. http://www.beritasatu.com/emiten/261330-mayapada-ekspansi-5-rumah-sakit.html

Gassing, S. S. dan Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Isni, L. (2012). Jurnal Ilmu Komunikasi Interaksi. Media Relations dan Kepuasan Wartawan Atas Layanan Kehumasan di Kabupaten Brebes. 1(1). 87-97. Diperoleh dari http://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/4448

Kholisoh, N., & Yenita. (2015). Jurnal Ilmu Komunikasi. Strategi Public Relations dan citra positif organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta. 13(3). 106-209. Diperoleh dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1459/1333

Kurnia, E. (2016). Tingkatkan Kualitas, RS Swasta Ini Gandeng RS Singapura. Lifestyle.okezone.com. Diperoleh dari http://lifestyle.okezone.com/read/2016/04/26/481/1373236/tingkatkan-kualitas-rs-swasta-ini-gandeng-rs-singapura

Lillyah, A. (2016). Mayapada Hospital Tak Hanya Untuk Kelas Premium. Swa.co.id. Diperoleh dari http://swa.co.id/swa/ceo-interview/jonathan-tahir-mayapada-hospital-tak-hanya-untuk-kelas-premium

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. United State of America: SAGE.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana.

Pratiwi, E. N., Mayopu, G. R., & Huwae, N. G. (2015). jurnal komunikasi ASPIKOM. Aktivitas Media Relations Humas Setda Kota Salatiga Dalam Membentuk Berita Positif. 5(2). 330-345. Diperoleh dari http://jurnal.aspikom.org/wp-content/uploads/2016/04/4-JKA-Vol-2-No-5-Nugrahaning-Esa-Pratiwi-Richard-Gordon-Mayopu-dan-George-Nicholas-Huwae.pdf

Soemirat, S. dan Ardianto, E. (2015). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Yuliana, N. (2014). Media Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuningsih, A. (2005). Jurnal Ilmu Komunikasi. CSR Antara Publisitas, Citra, dan Etika, dalam profesi Public Relations. 6(2). 316-324. Diperoleh dari http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1211/753

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Annisa, R. N., & Adiarsi, G. R. (2019). Kegiatan Media Relations Mayapada Healthcare Group dalam Membentuk Citra Mayapada Hospital. Communicare : Journal of Communication Studies, 4(2), 91–106. https://doi.org/10.37535/101004220176