PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN MURID BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.37535/101006120193Keywords:
Komunikasi interpersonal, pemanfaatan media sosial, sikap mendukung, guru spesialis tunarungu, murid tunarunguAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi interpersonal antara guru dengan murid tunarungu SLB Nurul Iman dalam pemanfaatan media sosial, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung penerapan komunikasi interpersonal dalam pemanfaatan media sosial di SLB Nurul Iman, serta untuk mengetahui dampak apa terjadi pada siswa dalam pemanfaatan media sosial dalam komunikasi interpersonal dengan guru, yang dimana keseluruhan tujuan penelitian dengan memperhatikan kualitas sikap mendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah saat berkomunikasi, guru dan murid tunarungu memperhatikan bahasa yang digunakan. Guru dan murid sama-sama berusaha jujur dan berusaha memposisikan diri menjadi lawan bicara saat berkomunikasi. Faktor yang menghambat yaitu pembendaharaan kata murid tunarungu, murid tidak mampu berbicara secara jelas, murid yang awalnya tidak jujur serta murid yang tidak mudah kapok. Sedangkan faktor yang mendukung adalah murid suka bertanya dan bercerita pada guru, guru yang memaafkan murid, murid yang jujur karena bukti yang dimiliki guru serta guru dan murid memposisikan menjadi lawan bicaranya saat berkomunikasi. Dampak yang terjadi pada murid yaitu pembendaharaan kata murid yang semakin banyak, murid yang semakin menjadi jujur serta murid yang semakin mengerti dan memahami guru.
References
Ahmadi, Fatah. (2015, Juni 25). Peran dan Fungsi Guru. Diperoleh dari https://www.kompasiana.com/fatahahmadi/55124f2aa33311eb56ba82e8/pera n -dan-fungsi-guru
Aishwarya, M. dan Vinod. (2017). Imperial Journal of Interdisciplinary Research. Impact Of Social Media On Interpersonal Communication, 3(7), 137-140. Diperoleh dari:http://www.imperialjournals.com/index.php/IJIR/article/view/5342/5142
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Azeharie, S. dan Khotimah, N. (2015). Jurnal Pekommas. Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati†Bengkulu, 18(3), 213-224. Diperoleh dari: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/1180307
Baruah, T D. (2012). International Journal of Scientific and Research Publications. Effectiveness of Social Media as a tool of communication and its potential for technology enabled connections: A micro-level study, 2(5), 1-10. Diperoleh dari: http://www.ijsrp.org/research_paper_may2012/rp24.html
Devito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang: Karisma Publishing Group.
Hidayat, D. N. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Karningtyas, Wiendijarti, dan Prabowo A. (2009). Jurnal Ilmu Komunikasi. Pola Komunikasi Interpersonal Anak Autis di Sekolah Autis Fajar Nugraha Yogyakarta, 7(2), 120-129. Diperoleh dari: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/16/16
Khurana. (2015). Journal of r uoJ Mass Communication & Journalism. The Impact Of Socia Networking Sites On The Youth, 5(12), 1-4. Diperoleh dari: https://www.omicsonline.org/open-access/the-impact-of-social networking-sites-on-the youth-2165-7912-1000285.pdf
Mulyana, Deddy. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, S J N. (2018). Malay Literature. Interpersonal Communication As A Solution For Resolving Diplomatic Conflicts In The Malay Sultanates, 31(1), 47-68. Diperoleh dari: https://www.researchgate.net/profile/Salmah_Jan_Noor_Muhammad
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Nomura, Seiji. (2018). Business Communication Research and Practice. Interpersonal Communication: An Analysis From A Point Of In-House Communications, 1(2), 85-89. Diperoleh dari: https://www.researchgate.net/publication/327180415_Interpersonal_Communi cation_An_Analysis_from_a_Point_of_In-house_Communications
Ritonga, S A. dan Hasibuan E. J. (2016). Jurnal Simbolika. Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Autis Di Slb Taman Pendidikan Islam (TPI) Medan, 2(2), 188-199. Diperoleh dari: http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/1030/1036
Somad, P. dan Hernawati, T. (1995). Ortopedagogik Anak Tunarugu. Bandung: Dekdibud Dikti.
Subramanian, K R. (2017). International Journal Of Scientific Progress And Research. Influence of Social Media in Interpersonal Communication, 38(2), 70-75. Diambil dari: https://www.researchgate.net/publication/319422885_Influence_of_Social_Media_in_Interpersonal_Communication
Pertiwi, Kusuma Wahyunanda. (2018, Maret 1). Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. Diperoleh dari: https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset ungkap-polapemakaian-medsos-orang-indonesia
Pratiwi, Siska. (2018, Juli 5). Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial. Diperoleh dari: https://www.kompasiana.com/siskapratiwi9511/5b3dbe93dd0fa839625ec7c2 p lusminus-sosial media
Vydia, Irliana, dan Savitri A D. (2014). Jurnal Transformatika. Pengaruh Sosial Media Terhadap Komunikasi Interpersonal dan Cyberbullying Pada Remaja, 12(1), 14-18. Diperoleh dari: http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/86
Watie, Errika D. (2011). The Messenger. Komunikasi dan Media Sosial, 3(1), 69-75. Diperoleh dari: http://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/270/172
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Bagi artikel yang dimuat di Jurnal Communicare, berlaku aturan Hak Cipta sebagai berikut:
- Jurnal Communicare adalah pemegang hak untuk mempublikasikan artikel untuk pertama kalinya.
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karya tulis yang terbit di Jurnal Communicare, dan dapat menggunakan karyanya dengan bebas, selama tidak melanggar peraturan.
- Karya yang dimuat di Jurnal Communicare berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License