Analisis Model Bisnis pada UMKM Kuliner yang Menerapkan Konsep Sharing Food

Authors

  • Vitha Octavanny LSPR Communication and Business Institute

DOI:

https://doi.org/10.37535/104001120211

Keywords:

Business Model Canvas, Analisis SWOT, Bisnis Kuliner Pitiks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang Business Model Canvas (BMC) yang telah dijalankan pada Bisnis Kuliner Pitiks Roast Chicken. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa di masa pandemi ini bisnis kuliner dapat dijalankan secara digital. Keberadaan tempat makan dine-in menjadi faktor yang kurang penting. Temuan lain menunjukkan bahwa value proposition yang menjadi keunggulan Pitiks Roast Chiken ini adalah konsep sharing food yang bergaya Internasional dengan cita rasa tradisional. Hasil analisis SWOT menghasilkan rekomendasi yang mana diperlukan metode baru untuk memperluas pangsa pasar dengan berbagai perancangan yang matang dengan cara menjalin kerjasama dengan beberapa platform online untuk meningkatkan revenue dan penelitian ini menilai Pitiks perlu mensosialisasikan value yang dimiliki kepada masyarakat sehingga awareness dapat terbangun di benak masyarakat sebagai makanan sharing.

References

Arief, A.M., (2021, June 3). Pertumbuhan Sektor Mamin 2020 Diprediksi 1-2 Persen. Bisnis.com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20210103/257/1338004/pertumbuhan-sektor-mamin-2020-diprediksi-1-2-persen

Bateman, S. & Snell, T. S. (2002). Management: Competing in The New Era. The McGraw-Hill.

Gürel, E. & Tat, M. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 10(51), 994-1006.

Ginanjar, D. (2020, November, 21). Optimis Bisnis Kuliner Bertahan saat Pandemi Covid-19. JawaPos.com. https://www.jawapos.com/surabaya/21/11/2020/optimistis-bisnis-kuliner-bertahan-saat-pandemi-covid-19/

Hayden, B. (2014). Competitive Feasting Before Cultivation? A Comment on Asouti and Fuller. Current Anthropology, 55(2), 230-231. http://dx.doi.org/10.1086/675378

Husjakarsih, I., Narulita, R., Rosiadi, A., Pertiwi, R. P., Dwicahyo, M., Yanti, F., Maylani, Z., Nefriana, R. R., Nasrul, Surbakti, S. R., Heriyana, A., Prehandoko, D. S., Pazanudin, A. F., & Ratri, W. A. M. (2020). Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KLBI) 2020. Badan Pusat Statistik.

Jackson A, & Harjanti D. (2015). Evaluasi dan perancangan model bisnis pada kaisar organizer dengan business model canvas. AGORA, 3(2), 302-309.

Kuncoro. (2009). Metode Penelitian Bisnis (2nd ed.). Penerbit Erlangga.

Lazuardi, M. & Triady, S. M. (2015). Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Kuliner Nasional 2015-2019. PT Republik solusi.

Osterwalder, A. & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. Wiley & Sons, Inc.

Peluang dan Kreativitas Bisnis Kuliner Meningkat di Masa Pandemi. (2020, November 6). Diakses pada April 2021 dari : https://kumparan.com/kumparanfood/peluang-dan-kreativitas-bisnis-kuliner-meningkat-di-masa-pandemi-1uXOjEP3bkH

Pitiks Roast Chicken. [@pitiksroastchicken]. (2021, April 18). Just Thigh! Yess for You who love Chicken’s Thigh and of course, with our lovely spices rub! . DM US Or. [Photograph]. Instagram. https://www.instagram.com/p/CNzc8ubgGxA/

Pitiks Roast Chicken. [@pitiksroastchicken]. (2021, Juni 6). Happy Sunday! Hope you will have amazing day with your loved ones. DM US Or WA 081546231022 JAKARTA #makan #kulinerjakarta. [Photograph]. Instagram. https://www.instagram.com/p/CPwpWNCAgY-/

Pitiks Roast Chicken. [@pitiksroastchicken]. (2021, Juni 7). Yess, enjoy this Box with anyone. Family, Friends, Colleague and anyone else. . . DM US!! Or WA 081546231022 JAKARTA #makan #kulinerjakarta. [Photograph]. Instagram. https://www.instagram.com/p/CP0BliJA_w7/

Pitiks Roast Chicken. [@pitiksroastchicken]. (2021, Juni 10). Cheesy and savory! PITIKS PARMIGIANA . . DM US!! Or WA 081546231022 JAKARTA #makan #kulinerjakarta #roastchickenforthewholehfamily #chef #jualayam #coleslaw #dinner #makanmalam #anakjajan. [Photograph]. Instagram. https://www.instagram.com/p/CP71uMkALbA/

Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukarli. (2017, Maret 23). Pariwisata Jadi Fokus Pembangunan Banjarmasin. ANTARA News. https://kalsel.antaranews.com/berita/44506/pariwisata- jadi-fokus pembangunan-banjarmasin

Yona, S. (2006). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan, 10(2), 76-80. http://dx.doi.org/10.7454/jki.v10i2.177

Zulfikar, R. Mayvita, Prihatini, A. Purboyo, S. (2019) Adopsi Teknik Penyusunan Business Plan Model Canvas Untuk Perencanaan Bisnis Umkm Kuliner Jalanan Di Kawasan Gatot Subroto Banjarmasin. JURNAL PENGABDIAN AL-IKHLAS, 4(2), 171-185. http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v4i2.1955

Downloads

Published

2021-06-20

How to Cite

Octavanny, V. (2021). Analisis Model Bisnis pada UMKM Kuliner yang Menerapkan Konsep Sharing Food. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37535/104001120211