PENGARUH POINT OF PURCHASE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA DI CARREFOUR TAMINI SQUARE
DOI:
https://doi.org/10.37535/101006120195Keywords:
Point of Purchase, Keputusan Pembelian Tidak TerencanaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini mengenai Pengaruh PointofPurchaseTerhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Pengaruh InStoreMedia, Signage, dan DisplayTerhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana di Carrefour Tamini Square). Tujuan Penelitian ini untuk membuktikan dan mengetahui apakah terdapat pengaruhpoint of purchasebaik secara simultan atau parsial terhadap keputusan pembelian tidak terencana. Teori yang digunakan adalah komunikasi pemasaran yang dapat didefinisikan sebagai kegiatan pemasaran dengan menggunakan teknik-teknik komunikasi yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak agar tujuan perusahaan tercapai, yaitu terjadinya peningkatan pendapatan atas penggunaan jasa atau pembelian produk yang ditawarkan. (Kennedy dan Soemanegara, 2006:5). Metode penelitian menggunakan survey untuk pengumpulan data dan memiliki hasil menggunakan kuesioner dengan teknik pengolahan data menggunakan SPSS. Dari hasil persamaan regresi dihasilkan bahwa secara simultan, point of purchase mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana sebesar 67.3 persen dan 32.7 persen sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial, hanya signagedan displayyang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana. In store mediatidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana. Dari hasil penelitian maka disarankan Carrefour Tamini Square meningkatkan kualitas signage, karena hal tersebut adalah dimensi point of purchaseyang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian tidak terencana. Kemudian membuat displayyang mengikuti trend, atau displaytematik dengan konsep yang berbeda dan cenderung aneh atau unik, karena semakin aneh dan unik sebuah display, maka akan semakin menimbulkan rasa penasaran konsumen yang akan bisa berakhir dengan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya.
References
Kennedy, Soemanegara. (2006), Marketing Communication Taktik dan Strategi, Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.
Kotler P, Amstrong G. (2001), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.
Kotler P, Keller KL. (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid I, Bob Sabran, penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Keller, K. L., Kotler, P., & Manceau, D. (2016). Marketing Management (15e ed.). England: Pearson Education Limited.
Mangkunegara AP. (2012), Perilaku Konsumen, Refika Aditama, Bandung.
Mowen J, Minor M. (2002), Perilaku Konsumen, Jilid 1, Edisi Kelima, Lina Salim, penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Mowen J, Minor M. (2002), Perilaku Konsumen, Jilid 2, Edisi Kelima, Dwi Kartini, penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Schiffman L, Kanuk LL. (2008), Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Indeks, Jakarta.
Semenik, dkk. (2012), Advertising and Promotions: An Integrated Brand Approach, Sixth Edition, International Edition, Thomson – South Western, USA.
Shimp T. (2003), Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Kelima, Jilid 1, Revyani Sahrial & Dyah Anikasari, penerjemah, Erlangga, Jakarta.
Bahasa, A. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke-5, Terjemahan: Reyvani Syahrial. Jakarta: Erlangga.
Sopiah, Syihabudin. (2008), Manajemen Bisnis Ritel, Andi, Yogyakarta.
Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Alfabeta, Bandung.
Sumarwan U. (2011), Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor.
Umar H. (1999), Riset Strategi Perusahaan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Bagi artikel yang dimuat di Jurnal Communicare, berlaku aturan Hak Cipta sebagai berikut:
- Jurnal Communicare adalah pemegang hak untuk mempublikasikan artikel untuk pertama kalinya.
- Penulis tetap memegang hak cipta atas karya tulis yang terbit di Jurnal Communicare, dan dapat menggunakan karyanya dengan bebas, selama tidak melanggar peraturan.
- Karya yang dimuat di Jurnal Communicare berada dibawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License